A.PENGANTAR
B.AKSES MICROSOFT EXCEL
Cara menjalankan Microsoft Excel :
1. Aktifkan Sistem Operasi Windows
2. Pilih start yang ada pada Taskbar dengan cara mangklik atau dengan menekan tombol Windows pada Keyboard.
3. Pilih hidangan All apps, pilih Excel 2016
4. Kemudian akan muncul tampilan gambar sebagai berikut :
C. TAMPILAN DAN PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
Lembar Kerja
Lembar kerja pada Excel terdiri dari Judul Baris (Row Heading) dan Judul Kolom (Column Heading) yang terdiri dari 256 kolom, tiap kolom diberi dengan huruf mulai dari A, B, C ...Z, AA, .......IV, sedangkan baris terdiri dari 65536 baris.
Pointer dan Sel
Pertemuan antara kolom-kolom dan Baris-Baris yang akan membentuk suatu petak yang disebut dengan Sel.
Pemberian nama pada Sel diawali dengan nama kolom dan diakhiri dengan nama baris, Contoh :
Sel yang terletak pada kolom D dan baris ke 4 maka diberi nama Sel D4.
Di dalam merubah sel selalu dipandu oleh sebuah POINTER. Cara memindahkan pointer ini sanggup kita gunakan dengan memakai Mouse maupun Tombol-tombol panah yang ada pada Keyboard, Pointer ini sanggup kita pindah-pindahkan sekehendak kita.
Formula Bar
Formula Bar ini sanggup digunakan untuk :
• Memasukkan data atau rumus
• Memperbaiki data atau rumus
• Menampilkan data atau rumus pada sel aktif
Untuk menampilkan dan menyembunyikan tampilan Formula Bar sanggup dilakukan dengan cara :
1.Pilih Menu View
2.Dari hidangan View pilihlah Formula Bar
Edit Bar
Edit Bar berfungsi sebagai untuk mengubah atau mengedit Text pada lembar kerja atau Worksheet (Bold, Italic, Underline, Alignment dan Sebagainya...)
Sumber https://optimisinfo.blogspot.com/
Microsoft Excel merupakan jadwal aplikasi pengolah lembar kerja elektronik (spreadsheet) yang canggih yang bekerja dibawah system Operasi Windows.
Banyak fasilitas yang akan anda temukan selama anda memakai Microsoft Excel, menyerupai bekerja dengan daftar data, menghitung angka-angka, menciptakan laporan, diagram dan grafik disamping kemampuan lainnya.
B.AKSES MICROSOFT EXCEL
Cara menjalankan Microsoft Excel :
1. Aktifkan Sistem Operasi Windows
2. Pilih start yang ada pada Taskbar dengan cara mangklik atau dengan menekan tombol Windows pada Keyboard.
3. Pilih hidangan All apps, pilih Excel 2016
4. Kemudian akan muncul tampilan gambar sebagai berikut :
Pengertian Microsoft Excel dan Fungsi Tool Sederhana |
Lembar Kerja
Lembar kerja pada Excel terdiri dari Judul Baris (Row Heading) dan Judul Kolom (Column Heading) yang terdiri dari 256 kolom, tiap kolom diberi dengan huruf mulai dari A, B, C ...Z, AA, .......IV, sedangkan baris terdiri dari 65536 baris.
Pointer dan Sel
Pertemuan antara kolom-kolom dan Baris-Baris yang akan membentuk suatu petak yang disebut dengan Sel.
Pemberian nama pada Sel diawali dengan nama kolom dan diakhiri dengan nama baris, Contoh :
Sel yang terletak pada kolom D dan baris ke 4 maka diberi nama Sel D4.
Di dalam merubah sel selalu dipandu oleh sebuah POINTER. Cara memindahkan pointer ini sanggup kita gunakan dengan memakai Mouse maupun Tombol-tombol panah yang ada pada Keyboard, Pointer ini sanggup kita pindah-pindahkan sekehendak kita.
Formula Bar
Formula Bar ini sanggup digunakan untuk :
• Memasukkan data atau rumus
• Memperbaiki data atau rumus
• Menampilkan data atau rumus pada sel aktif
Untuk menampilkan dan menyembunyikan tampilan Formula Bar sanggup dilakukan dengan cara :
1.Pilih Menu View
2.Dari hidangan View pilihlah Formula Bar
Edit Bar
Edit Bar berfungsi sebagai untuk mengubah atau mengedit Text pada lembar kerja atau Worksheet (Bold, Italic, Underline, Alignment dan Sebagainya...)