Pengertian Dan Sejarah Komputer

Pengertian Dan Sejarah Komputer
Pengertian Dan Sejarah Komputer
Kata computer secara umum pernah digunakan untuk mendefinisikan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "Orang yang menghitung" kemudian menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Sejak perang dunia II kata tersebut merujuk kepada para perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang melaksanakan pekerjaan menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
secara umum pernah digunakan untuk mendefinisikan orang yang melaksanakan perhitungan  Pengertian dan Sejarah KOMPUTER
Pengertian dan Sejarah Komputer
Saat ini komputer sudah semakin canggih. Tetapi sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, seiring dengan berjalannya waktu komputer mempunyai 5 generasi.

1. Generasi Komputer

*Generasi Pertama

Dengan Terjadinya perang dunia kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berlomba-lomba membuatkan komputer untuk mengatur mengeksploit potensi stretegi yang dimiliki komputer. Pada tahun 1942, insinyur asal Jerman membuat sebuah komputer, Z3, untuk mendesign pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan dibidang komputer pada tahun 1943 untuk memecahkan isyarat belakang layar jerman dan pada waktu itu pihak inggris merahasiakan perihal komputer tersebut sampai satu dekade lamanya.

Usaha yang dilakukan pihak America, Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insyinyur Harvard yang berafiliasi dengan IBM (Internasional Business Machine), berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran sangat besar sehingga mencapai setengah lapangan bola kaki.

John Presper Eckert pada tahun (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada tahun 1945 Von Neumann mendisen Electronic Discrete Variabel Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung baik kegiatan maupun data. Komputer ini masih digunakan sampai 40th mendatang.

Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu kiprah tertentu. Setiap komputer mempunyai isyarat biner yang berbeda yang disebut dengan "bahasa mesin" (Machine Languange). Hal ini menybebakan komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama yaitu penggunaan tube vakum  (yang membuat komputer ketika itu berukuran sangat besar)  dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

*Generasi Kedua

Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang suskes dibidang bisnis, di universitas, dan dipemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya memakai transistor. Mereka juga mempunyai komponen yang dimiliki komputer masa kini, ibarat Printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Pada ketika itu sudah mulai bermunculan bahasa pemograman ibarat (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman ini menggantikan yang rumit dengan kata-kata, formula, dan formula matematika yang lebih gampang dipahami oleh manusia. Semenjak ketika itu aneka macam macam karir bermunculan, ibarat (Programmer, analis sistem, dan andal sistem komputer), Industri perangkat lunak sudah mulai banyak bermunculan sejak generasi komputer kedua ini.

* Generasi Ketiga

Namun walaupun demekian komputer generasi kedua tetap mempunyai kekurangan, memang dibandingkan dengan komputer generasi pertama yang masih memakai tube vakum memang masih anggun generasi kedua alasannya yaitu sudah memakai teknologi transistor yaitu komputer dikompres lebih kecil lagi dan juga sanggup melaksanakan banyak tugas, terlepas dari itu semua teknologi transistor tidak efisien digunakan alasannya yaitu sanggup menghasilkan panas yang cukup besar, oleh alasannya yaitu itu para ilmuan membuatkan komputer generasi ketiga. Batu Kuarsa (Quartz Rock) sanggup menghilangkan problem ini. Jack Kilby, seorang insinyur dari Texas Instrument, membuatkan sirkuit terintegrasi  IC (Integrated Circuit) pada tahun 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan ahirnya berhasil memasukkan  komponen-komponen lebih banyak kedalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karenan komponen-komponen sanggup dipadatkan dalam satu chip.

* Generasi Keempat

Tujuan generasi ini yaitu terang untuk memperkecil sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) sanggup membuat ratusan komponen dalam sebuah chip,1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) sanggup membuat ribuan komponen dalam sebuah chip, Ultra-Large Sclae Integration (ULSI) sanggup membuat jutaan komponen.
Tahun 1971 Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit, Memory, dan kendail Input/Output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Tidak usang kemudian, setiap perangkat piranti rumah tangga, ibarat microwave, oven, televisi, dan kendaraan beroda empat dengan Electronic Fule Injection  (EFI) dilengkapi dengan microprocessor.

Pada generasi ini komputer bukan hanya perusahan besar lagi yang sanggup digunakan, tetapi sudah sanggup juga digunakan oleh orang awam. Pada awal tahun 1970-an, perakit komputer sudah mulai memperlihatkan produk mereka kepada masyarakat umum, yang kemudian dikenal dengan Minikomputer. Piranti lunak yang sangat terkenal ketika itu yaitu kegiatan Word Processing dan Spreadsheet. Pada wal 1980-an, vidio game ibarat Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan sanggup diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk dirumah, kantor, dan sekolah. Kemudian komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari yang komputer di atas meja (Desktop Komputer), kemudian sanggup dimasukkan kedalam tas (Laptop), atau bahkan komputer yang sanggup digenggam (Palmtop).

IBM PC bersaing memperebutkan pangsa pasar dengan Apple Macintosh. Apple Macintosh menjadi terkenal alasannya yaitu mempopulerkan sistem grafisnya dan juga penggunaan piranti Mouse.

Pada masa kini kita mengenal perjalan IBM Compatible dengan pemakaian CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita mengenal AMD K6 Athlon, dsb.

Seiring dengan berkembangnya jaman dan terus digali potensi perihal komputer maka kini antar komputer sudah sanggup berkomunikasi dengan memakai LAN (Local Arean Network)  untuk sanggup saling mentransfer informasi.

* Generasi Kelima

Menjelaskan komputer generasi kelima sedikit agak sulit, dikarenakan komputer generasi kelima ini masih tergolong sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima ialah komputer fiksi HAL9000 dari Novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. Dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI), Hal sanggup cukup mempunyai kecerdikan untuk melaksanakan percakapan dengan manusia, dengan memakai masukan visual, dan berguru dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banya fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud, ibarat beberapa komputer sudah sanggup mendapatkan intruksi secara verbal dan bisa memalsukan kecerdikan manusia.

Banyak kemajuan dibidang design komputer dan teknologi yang memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama yaitu kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Neumann, model on Neumann akan digantikan dengan sistem yang bisa mengkoordinasikan banyak CPU untuk berafiliasi secara serempak. Kemajuan lain yaitu teknologi superkonduktor yang memungkinkan anutan elektrik tanpa kendala apapun yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek generasi kelima. Lembaga ICOT juga dibuat untuk merealisasikannya. Banyak info yang menyampaikan proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa proyek ini akan membawa perubahan gres paradigma komputerisasi didunia.

2. Berikut  Pengertian komputer, diantaranya : 

V.C. Hamacher et al, 1982

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat sanggup mendapatkan input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan kegiatan yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output dalam bentuk informasi, baikkah informasi itu 1 + 1 = 2 atau dalam bentuk info ibarat "Minggu depan Pres. Jokowi dan Ibu Jokowi akan Mengunjungi Industri Penerbangan".

* Robert H. Blissmer, 1985

Komputer ialah suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa kiprah ibarat mendapatkan input, memproses input, menyimpan data, dan menghasilkan output berupa informasi.

* Elias M. Awad

Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.

* Larry Long dan Nancy Long

Komputer yaitu alat hitung elektronik yang bisa menginprementasikan dan juga melaksanakan perintah-perintah kegiatan untuk Input, Output, Perhitungan, dan Operasi-operasi logik.

* William M. Fuori

Komputer yaitu suatu alat untuk memproses data yang sanggup melaksanakan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

* William, Sawyer

Komputer yaitu mesin multiguna yang sanggup diprogram, yang mendapatkan data (fakta-fakta dan gambar-gambar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang sanggup kita gunakan.

Dari klarifikasi diatas intinya pengertian komputer sanggup disimpulkan bahwa komputer suatu alat elektronik yang sanggup mendapatkan input, mengelola input, dan menyampaikan informasi.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu Input data, pengolahan data, dan informasi (Output).

Cuma ini yang sanggup saya share kepada agan-agan dan sista mengenai apa itu komputer dan Sejarahnya, kalau agan-agan dan sista punya saran atau masukan bisa dikolom komentar dibawah.

Sumber https://optimisinfo.blogspot.com/