Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah

Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah
Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah
Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah


PATI - Tahukah Anda buah sirsak? Lalu apakah anda pernah menemukan daun sirsak? Jika pun  Anda pernah tentu tidak akan ada anutan bisnis untuk daun tersebut? . Memang bagi sebagian besar orang, daun sirsak seringkali hanyalah sebuah limbah dan akan menjadi sampah yang ujung-ujungnya hanya akan dibakar semoga tidak mengotori lingkungan rumah.

Namun, berbeda dengan daun sirsak ini, di tangan seorang seniman asal Pati, Jawa Tengah, limbah daun sirsak yang seringkali hanya di jadikan sampah tersebut bisa dipakai sebagai materi baku yang sangat bermanfaat dan bernilai ekonomis, ialah sebagai materi baku untuk membuat lukisan kaligrafi.

Baca juga : Kisah Sukses Pebisnis Muda Beromset Ratusan Juta dari Biji Mahoni 

Selain harganya karya seni dari limbah daun sirsak ini fantastis yang mencapai jutaan rupiah, karya seni berwujud lukisan kaligrafi dari tulang daun sirsak ini juga telah berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

Bernama Ratna Septi Anggraheni, warga dari Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini yang telah berhasil mengolah limbah daun sirsak menjadi karya seni berwujud lukisan kaligrafi yang unik dan bernilai jual yang cukup tinggi.

Lalu bagaimana caranya Ratna Septi Anggraheni membuat sebuah karya seni kaligrafi ini?? Ternyata caranya pun cukup mudah, Bahkan Anda bisa mnjadikanya sebuah ide bisnis dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah

Untuk membuat sebuah lukisan kaligrafi dari tulang daun sirsak, terlebih dahulu Anda harus pisahkan serat daun sirsak dengan tulang daun, gunakan cairan kimia yang dicampur dengan pewarna untuk membantu Anda dalam memisahkan serat daun dan tulang daun sirsak ini.

Langkah berikutnya dalam membuat kaligrafi dari limbah daun sirsak ini yaitu, daun sirsak hasil rendaman cairan kimia tersebut di dinginkan atau diangin-anginkan selama beberapa jam sampai mengering dan muncul warna gres yang dikehendaki yang lebih indah. Selanjutnya tempelkan dua lembar daun sirsak menjadi satu semoga daun menjadi lebih tebal.

Setelah itu, buatlah skema kaligrafi karakter Arab dari kertas karton yang selanjutnya dipotong-potong sampai membentuk karakter hijaiyah sesuai dengan kaligrafi yang akan dibentuk nantinya. Kemudian Tempelkan potongan daun sirsak tadi ke kertas karton dengan memakai lem kayu, tunggu sampai daun melekat tepat dan mengering, kemudian proses selanjutnya buat skema goresan pena Arab di atas sebuah kayu triplek.

Jika Anda sudah menuntaskan proses tadi, tempelkan karakter Arab dari potongan kertas karton yang telah ditempeli dengan daun sirsak tersebut ke kayu tripek sesuai dengan skema goresan pena Arab yang telah di buat tadi. Agar lukisan yang Anda buat tampak lebih menarik dan terlihat tiga dimensi. Taburkan potongan daun sirsak ke media triplek, hal ini juga bertujuan untuk membuat gradasi warna yang unik.

Kini lukisan kaligrafi dari tulang daun sirsak pun siap untuk dipajang, atau di jual dengan nilai irit yang cukup tinggi. Lumayan gampang bukan??

Membuat lukisan kaligrafi dari limbah daun sirsak ini, selain diharapkan ketelitian juga diharapkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Meskipun mengaku tidak mengalami kesulitan dalam proses pembuatan kaligrafi ini, namun Ratna dalam sepekan hanya bisa membuat satu lukisan tulang daun sirsak dengan ukuran yang relatif kecil.

“Untuk ukuran yang lebih besar bisa mencapai waktu dua sampai tiga sepekan,” Ungkap Ratna di Pati, Jawa Tengah.

Kerumitan karya seni ini membuat nilai ekonimi dan seni yang tinggi sampai harga jualnya pun menyesuaikan. Satu lukisan kaligrafi dari limbah daun sirsak ini di banderol dengan harga mulai dari Rp1.000.000 (Satu juta) sampai Rp20 juta. Harga kaligrafi ini juga dipengaruhi luas lukisan dan tingkat kerumitan karya seni yang memukau ini..

Dari hasil kreatifitasnya tersebut, pada tahun 2009, Ratna mendapat penghargaan dari Rekor Muri sebagai pelukis dengan berbahan dasar tulang daun sirsak yang memang belum ada. Penghargaan tersebut tentu semakin mengokohkan bahwa kreatifitas ratna memang mempunyai keunikan dan nilai seni yang tinggi. Inspirasi Bisnis Unik : Pembuatan Kaligrafi Limbah Daun Sirsak Bernilai Jutaan Rupiah




Sumber : economy,okezone,com

(kmj)  (rhs)

Sumber https://www.ambyaberbagi.com/