Mengenal Komponen-Komponen Komputer

Mengenal Komponen-Komponen Komputer
Mengenal Komponen-Komponen Komputer
Mengenal Bagian dan komponen komputer, salah satu hasil dari kecanggihan teknologi yaitu komputer atau pc. Hampir semua orang yang bekerja di kantor, mahasiswa yang mencar ilmu di lab-lab universitas, siswa yang mencar ilmu di sekolah, atau bawah umur yang bermain game, baik game online maupun game offline. Pada kesempatan ini aku ingin share sedikit perihal komponen komputer dan kegunaannya, namun untuk sejarah dan versi-versi dari komponen itu sendiri aku akan coba jelaskan di lain artikel ya gan.

Berikut ini yaitu komponen-komponen komputer :

1. Casing CPU/Komputer


Casing yaitu sebuah perangkat hardware yang mempunyai kegunaan menampung semua perangkat-perangkat komputer, ibarat motherboard dan komponen-komponen pada motherboard, bahasa mudahnya casing yaitu sebagai kardus dan motherboard serta komponen pada motherboard yaitu sebagai isi dari kardus tersebut.

2. Motherboard (Mainboard)

Motherboard dan mainboard sendiri yaitu adonan dari dua kata dalam bahasa inggris yang berbeda, MotherBoard yaitu kata utamanya Mother yang artinya ibu dalam terjemahan bahasa inggris dan sedangkan MotherBoard adalah terjemahan dalam bahasa inggrisnya Papan, jadi jikalau digabungkan menjadi Ibu Papan, begitu juga dengan kata MainBoard yaitu Utama dan MainBoard yaitu papan, jadi jikalau digabungkan menjadi Papan Utama, jadi dari arti kata-kata tersebut sanggup kita simpulkan yaitu perangkat papan utama yang sanggup manampung semua perangkat-perangkat hardware yang ada, ibarat : socket processor, hetsink kipas pendingin processor, slot memori (RAM), SoutchBradge, NorthBradge, Chip bios, cemos, Slot VGA Card, Slot PCI, Konektor panel dll.

3. CPU (Processor)

CPU yaitu abreviasi dari kata Control Processing Unit, kalau diartikan dalam bahasa indonesia Unit proses kontrol, namu orang banyak yang menyebutnya otak komputer, mengapa disebut otak komputer ?, alasannya CPU ini berfungsi mengontrol semua proses-proses yang terjadi pada komputer dan juga bekerjasama dengan RAM, komputer tanpa CPU tidak sanggup bekerja alias tidak berfungsi samasekali, ketika anda membeli komputer maka hal utama yang harus anda perhatikan yaitu CPU, tergantung pemakaian, apakah untuk game atau pekerjaan ringan, ibarat komputer kantor yang hanya dipakek untuk memproses data-data ringan, ibarat mengetik surat atau lainnya, maka dari itu jikalau membeli komputer saran dari aku gunakan processor dari AMD jikalau untuk players game, dan Intel untuk yang selain game.

4. Hard Disk

Hard disk yaitu daerah penyimpanan data permanen, dalam artian jikalau kita akan menyimpan data dalam jangka waktu yang usang maka kita harus menyimpan kedalam hard disk, adapun kapasitas penyimpanan hard disk berfariasi, ada yang 320gb, 500gb, 1tb dan ada juga yang berkapasitas lainnya,

5. CD ROM/Optical Disk

CD ROM abreviasi dari Compact Disk Read Only Memory yang berfungsi untuk memasukkan kaset CD lalu diproses CD yang dimasukkan tersebut, sehingga menghasilkan sebuah warta dalam bentuk Vidio, Audio, Image, dan dalam bentuk warta lain.

6. Power Supply
Power Supply yaitu penyuplai arus listrik, power supply yaitu komponen sangat penting alasannya tanpa power supply komponen-komponen pada motherboard tidak berfungsi dikarenakan tidak ada arus atau daya yang diterima, sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai Matahari dan Motherboard beserta Komponen-komponennya yaitu binatang yang hidup di dalamnya, baikkah binatang itu berupa insan yang sanggup berpikir atau dalam bentuk binatang lain yang tidak sanggup berpikir, tanpa matahari terang hewan-hewan tersebut tidak sanggup hidup alasannya tidak ada energi dan penyuplai HO2.

7. Memori (RAM)
RAM abreviasi dari Random Access Memory ialah daerah penyimpanan sementara dalam bentuk acak, fungsi ram ini adalah, ketika anda membuka suatu program, sebagai teladan kegiatan MC. Word, maka ketika anda melaksanakan action-action ibarat menekan tombol dan mengklik group atau fungsi tab tertentu pada mc. word, itu semua yang melaksanakan ialah RAM dan ketika data disimpan di dalam Harddisk itu sudah proses penyimpanan dalam bentuk permanen.

8. Heatsink/Fan Processor

Heatsink yaitu perangkat pada motherboard yang berfungsi untuk mendinginkan Processor, letak heatsink pas diatas processor, ketika suatu komputer atau laptop tanpa heatsink maka yang akan terjadi processor komputer akan cepat panas dan akan menjadikan komputer mati sendiri secara tiba-tiba.

9. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)

CMOS sering orang sebut sebagai baterai jam, kegunaan baterai jam ini yaitu sebagai daerah untuk penyimpanan setelan-setelan yang ada pada bios, setelan jam dan tanggal pada leptop, pada dasarnya motherboard tetap hidup walaupun komputer sudah mati, alasannya batre cmos tetap berfungsi walaupun komputer mati, sebagai buktinya ketika Anda hidupkan komputer setingan jam dan tanggal tetap berjalan, itu tandanya batrei cemos masih berfungsi.

10.Socket dan Slot

Socket yaitu daerah letaknya processor dan slot yaitu daerah pemasangan ram, lan card, audio card, vga card, pada pada dasarnya daerah pemasangan semua jenis card.

11. Port

Port yaitu daerah pemasangan jenis-jenis kabel koneksi data, ibarat port usb, port lan, dan segala jenis port-port lainnya yang berlubang dan sanggup dipakai untuk mentransmisikan data.

12. VGA Card

VGA yaitu abreviasi dari Vidio Graphich Array yang berfungsi untuk menampilkan kualitas vidio, jikalau Anda suka nonton, bermain game dan hal-hal lainnya yang berafiliasi dengan graphics, maka VGA yang berkualitas elok jadi pilihan kedua, selain processor.

13. Lan Card

Lan Card abreviasi dari Local Area Network Card yang berfungsi untuk lan rg45, ketika kita mau memakai lan maka daerah memasukkan lan rg45 yaitu lan card.

14. Keyboard

Keyboard yaitu perangkat Hardware yang dipakai untuk proses input, keyboard sendiri terdiri dari banyak huruf-huruf, angka-angka, karakter-karakter, dan lambang-lambang.

15. Mouse

Mouse jikalau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu tikus, kegunaannya yaitu untuk mengklik dan klak sesuatu yang kita inginkan, dinamakan mouse alasannya bentuknya yang ibarat tikus, yang mempunyai ekor dan bergeser kesana-kesini persis ibarat tikus.

16. Monitor/Lcd

Monitor yaitu display hasil kerjasama antara perangkat-perangkat pada motherboard, ibarat kerjasama antara processor dan ram dan dibantu oleh Southbradge dan Northbradge lalu menghasilkan suatu outpun atau warta yang berguna.

17. Speaker

Speaker yaitu soud out yang biasa dipakai untuk menghidupkan musik sehingga sanggup menghasilkan suara.

Sumber https://optimisinfo.blogspot.com/