Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?

Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?
Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?
Mungkin anda sering mengalami hal ini, ialah komputer/laptop anda cepat panas dikala digunakan. Tentu-nya ketika mnggunakan komputer/laptop yang cepat panas itu tidak nyaman. Karena kalau komputer terlalu panas/ overheat  terkadang sanggup menciptakan komputer mati sendiri, restart ataupun blue screen. Jadi, Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?, untuk anda yang mengalami duduk kasus ini silahkan anda perhatikan dan praktekan poin-pon di bawah.
laptop yang cepat panas itu tidak nyaman Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer

1. Debu
Debu yang menumpuk pada bagia-bagian komputer atau laptop sanggup menciptakan komputer harus bekerja semakin keras. Selain itu, abu yang melekat pada ventilasi udara pada laptop atau komputer, sanggup menyebabkan sirkulasi udara yang keluar masuk akan terhambat.

Jadi, untuk mengatasi hal ini cobalah anda bersihkan abu yang melekat pada komputer/ laptop anda khususnya yang melekat pada kipas pendinging atau heatsink fan. Jika anda berani, buka saja casing laptop anda dan bersihkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Kalau tidak berani bawa saja ke service komputer dan meminta mereka untuk membersihkan laptop anda. 

2. Suhu Ruangan
Menurut pengalaman aku sendiri, ketika aku menyalakan dan bermain laptop di suhu ruangan yang panas, maka laptop yang aku mainkan lebih cepat panas dan ketika bermain ditempat yang mempunyai suhu ruangan masbodoh maka laptop yang aku mainkan tidak cepat panas, kecuali kalau sudah terlalu usang dimainkan dan membuka aplikasi atau situs tertentu maka laptop aku akan panas.

Jadi, letakan komputer atau laptop anda ditempat yang mempunyai suhu ruangan tidak terlalu panas.

3. Power Supply Bocor
Jika power supply bocor maka tegangan yang akan dialirkan ke manboard dan komponen lain pada laptop akan naik. Naiknya tegangan ini sanggup menyebabkan komputer atau laptop anda menjadi panas dan bahkan sanggup menyebabkan salah satu komponen pada komputer akan rusak.

Jadi, untuk mengatasi hal ini gunakanlah stabilizator semoga menjaga tegangan listrik pada komputer atau laptop.

4. Main game
Komputer atau laptop yang dipakai untuk bermain game akan lebih cepat panas, hal ini sebab dikala bermain game komponen pada komputer harus bekerja keras dalam menjalankan game tersebut. Jadi, untuk mengatasi hal ini tambahkan kipas pendingin untuk laptop anda dan kalau anda memakai komputer silahkan tambahkan kipas pengisap udara di belakang CPU, sehingga panas yang ada di dalam CPU terhisap keluar.

5. Setting Bios
Jika anda melaksanakan setting pada BIOS menjadi overclock maka resiko yang sanggup anda terima dalah komputer menjadi panas bahkan resiko terburuknya sanggup menyebabkan komputer menjadi tidak sanggup berfungsi lagi.

Solusinya, kalau memang benar overclock ini penyebabnya maka kembalikan lah setting Bios laptop/komputer anda ke posisi normal kembali.

Mungkin hanya ini yang sanggup aku bagikan pada postingan kali ini, dengan pembahasan Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer. Semoga dengan adanya postingan ini sanggup membantu dan bermanfaat bagi anda yang telah membacanya


Sumber : kompucer.blogspot.co.id