Apa Itu Cpu (Mengenal Komponen-Komponen Komputer)

Apa Itu Cpu (Mengenal Komponen-Komponen Komputer)
Apa Itu Cpu (Mengenal Komponen-Komponen Komputer)
* CPU (Central Processing Unit)


Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa inggris : Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain sering dipakai untuk menyebut CPU. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprocessor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum dipakai dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
 merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data  Apa Itu CPU (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)
Apa itu CPU
Komponen CPU terbagi menajadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :

Unit kontrol yang bisa mengatur jalannya program. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit control yaitu mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan memilih jenis arahan tersebut.

Dengan demikian kiprah dari unit kendali yaitu :

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (Input) dan keluran (Ouput).
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim arahan ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan kebijaksanaan serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Mengirim hasil proses ke memori utama.

Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan kanal cukup tinggi, yang dipakai untuk menyimpan data/atau arahan yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya dipakai untuk menyimpan data dikala di olah ataupun data pengolahan untuk selanjutnya. Secara analogi, register ini sanggup diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melaksanakan pengolahan data secara manual, sehingga otak sanggup diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan badan dan mempunyai daerah untuk melaksanakan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU unit yang bertugas untuk melaksanakan operasi aritmatika dan operasi kebijaksanaan berdasar arahan yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa alasannya yaitu bab ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit kebijaksanaan yang masing-masing mempunyai spesifikasi kiprah tersendiri. ALU bertugas melaksanakan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang dipakai disebut adder.

CPU Interconnections yaitu sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, mirip memori utama, dan piranti masukan/ keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau arahan dimasukkan ke processing device, pertama kali diletakkan di MAA (melalui Input Storage); apabila berbentuk arahan ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di working-storage). Jika register siap untuk mendapatkan pekerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil arahan dari aktivitas storage untuk ditampungkan ke instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan arahan tersebut ditampung di aktivitas counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika menurut arahan pengerjaan yang dilakukan yaitu aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar arahan yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka control unit akan mengambil hasil pengolahan akumulator  untuk ditampung kembali ke working-storage. Jika pengerjaan secara keseluruhan telah selesai, maka control unit akan menjemput hasil pengolahan dari workings-storage untuk ditampung ke Output-Storage. Lalu selanjutnya dari output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-device.

Fungsi CPU

CPU berfungsi mirip kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih berpengaruh daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU yaitu melaksanakan operasi aritmatika dan kebijaksanaan terhadap data yang diambil dari memori atau dari gosip yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, mirip papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol memakai sekumpulan arahan perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut sanggup dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan, mirip cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Intstruksi tersebut kemudian disimpan dulu pda memori fisik (MAA), yang mana setiap arahan akan diberi alamat unik yang disebut dengan alamat memori. Selanjutnya, CPU sanggup mengakses data pada MAA dengan memilih alamat data yang dikehendaki. CPU yaitu sebuah rangkaian yang mencakup mainboard, processor, harddisk, CD-room, memori (RAM), power suppply, vga. Komponen-komponen tersebut dirakit jadi satu di dalam casing. CPU berfungsi sebagai alat yang mengendalikan proses dalam sistem komputer atau sebagai sentra pengolahan data semua.

Fungsi Utama CPU : Menjalankan program-program aplikasi atau data-data yang akan disimpan di memori utama.

Sumber https://optimisinfo.blogspot.com/