Mengenal Daftar Istilah Adsense Dan Jenis Jenis Iklan Di Google Adsense Lengkap

Mengenal Daftar Istilah Adsense Dan Jenis Jenis Iklan Di Google Adsense Lengkap
Mengenal Daftar Istilah Adsense Dan Jenis Jenis Iklan Di Google Adsense Lengkap
- Mengenal Daftar Istilah Adsense BPK, RKT, PPS, CPC, RPM, RKT dll, Hallo sahabat bloggeer, menyerupai yang kita ketahui bersama, ketika ini banyak blogger sukses yang mendapatkan ratusan sampai ribuan dollar per bulannya dari google adsense. Sobat, ada banyak istilah yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger pemula yang akan terjun menjadi seorang publisher adsense. Istilah-istilah adsense inilah yang sering muncul dalam aktifitas kita sebagai seorang blogger.

Nah sob,  untuk seorang pemula atau gres saja diterima menjadi publisher adsense, tentu resah ketika melihat halaman Dashboard Google Adsense, Anda akan menemukan banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan. Untuk itu, pemahaman awal perihal istilah ini sanggup mengatakan citra menyerupai apa bisnis di adsense itu dan cara menghitung penghasilan google adsense. Untuk pemula, konsistenlah dalam memposting artikel blog yang sanggup menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya.
Mengenal Daftar Istilah Adsense dan Jenis Jenis Iklan di Google Adsense Lengkap :

A. Daftar Istilah-Istilah Google Adsense Terlengkap

Google Adsense mempunyai aneka macam macam istilah yang sampai kini masih banyak blogger belum mengerti sepenuhnya. Oleh alasannya itu, berikut ini akan diulas beberapa istilah yang terdapat dalam Google Adsense.

1. Publisher

Publisher atau penayang iklan yaitu orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka.

Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan gres sanggup menayangkan iklan google di situs web mereka sesudah aplikasi disetujui.

Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan mempunyai satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan aktivitas google adsense.

2. Ad Units

Yang dimaksud dengan Ad Units yaitu iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum yaitu jenis iklan teks.

Pada ketika pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

3. Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya menyerupai dengan format sajian yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units yaitu pada ketika pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google.

Publisher gres akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

4. AdSense for Content

AdSense for Content yaitu iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul yaitu iklan-iklan yang berafiliasi dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya memakai konsep kontekstual.

Ad Units dan Link Units yaitu yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

5. Alternate Ads

Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain sanggup lantaran memang stok iklan yang berafiliasi dengan isi situs sudah habis atau Google tidak sanggup memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.

Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan yaitu iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka bila diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.

Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibentuk telah diatur dengan memakai Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak sanggup tampil, yang muncul yaitu iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

6. Channels

Channels yaitu semacam label yang sanggup diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan sanggup mempunyai lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label sanggup dipakai untuk lebih dari satu unit iklan.

Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan mengatakan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs.

Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk mengatakan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan ketika ini yaitu 200 kanal.

7. Page Impressions

Page Impressions yaitu jumlah yang memperlihatkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

8. Clicks

Untuk mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense yaitu bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

9. CPC (Cost Per Click)

CPC yaitu istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, pengertiannya yaitu biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik, maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.

10. CTR (Click throught rate)

CTR yaitu perbandingan dalam bentuk prosentasi untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unik iklan adsense yang tampil.

Jika iklan tampil sebanyak 100, kemudian iklan tersebut mendapatkan 1 kali klik, maka nilai CTR nya yaitu : (1/100)x100%=1%.

Makara CTR yang didapat dari iklan yang tayang sebanyak 100 kali dan di klik 1 kali mempunyai nilai 1%.

11. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM yaitu hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman/1000 yang di dapatkan dari iklan-iklanya.

Contoh :
Publisher mendapatkan 100.000 rupiah dari 200.000 impresi akan mempunyai CPM sebanyak : 100000/(200000/1000)=2000.

12. Estimated Earning

Estimated earning yaitu asumsi jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan yang kita pasang. Nilai estimated earning yaitu hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita dapat.

13. Visitor dan Unique Visitor (pengunjung organik)

Visitor yaitu sebutan umum untuk pengunjung blog. Sedangkan unique visitor yaitu pengunjung blog yang murni tiba berasal dari mesin pencari menyerupai google.com, yandex, bing maupun browser yang lain. Pengunjung ini mencari sebuah website atau blog berdasarakan kata kunci yang ditulis dimesin pencari.

14. Average Time On Site

Adalah jumlah rata-rata waktu  yang dihabiskan pengunjung berada di blog sobat. Semakin usang pengunjung berada di blog sahabat berarti semakin tinggi nilai durasi waktu singgahnya.
Lama disini dalam artian lantaran pengunjung membaca dan membuka-buka halaman blog.

15. Bounce Rate

Adalah rata-rata presentase  antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.
Contoh :
Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150
Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%

16. Akun Hosted dan Nonhosted

Adalah 2 jenis akun adsense yang dibedakan berdasarkan registrasi awal calon publisher.
Meskipun kepemilikan jenis akun ini dimulai semenjak awal, Publisher yang mempunyai akun Hosted sanggup mengUPGRADE ke jenis nonhsoted dengan cara mengganti domain blog dengan domain TLD (top level domain)

17. Akun Suspended

Artinya akun adsense sahabat ditangguhkan (ditutup) dalam jangka waktu tertentu. Biasaya selama 30 hari.
Penyebab akun disuspend majemuk dan yang paling sering yaitu problem invalid click.
Ketika akun ditangguhkan maka iklan tidak akan tampil. Tetapi sesudah 30 hari akun dan iklan akan diaktikan kembali oleh google.

18. Akun Adsense Dibanned

Artinya akun adsense dinonaktifkan. Penyebabnya majemuk yang pada dasarnya publisher melanggar hukum yang telah ditetapkan oleh google adsense.

Jika sudah dinonaktifkan maka semua iklan yang ada di website atau blog sahabat tidak akan tampil. Dan penghasilan yang sudah masuk di akun adsense tidak akan cair. Untuk lebih jelasnya Anda baca 4 Penyebab Utama Blog Di banned AdSense - akun adsense banned.

19. Boom Klik

Adalah aktifitas klik yang tidak bernilai (tidak valid ) atau tidak syah berdasarkan ketentuan google adsense pada sebuah iklan yang tampil di suatu website atau blog. Boom klik biasa dilakukan oleh orang yang tidak suka terhadap blog kita. Aktifitas ini termasuk illegal lantaran merugikan publisher.

20. PO (Pay Out)

Artinya gajian, faktual cair dari google adsense. Batas minimal PO yaitu $100. kalau kurs nilai rupiah kini Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-.
Ada 2 metode pembayaran yang sanggup diterima publishser Indonesia yaitu melalui WU (western union) di kantor pos dan Bank lokal menyerupai BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

21. PIP (Payment in Progress)

Menunjukan status pembayaran dari google adsense masih dalam proses. Hal ini pertanda bahwa bulan ini sahabat sanggup mencairkan uang yang ada di akun adsense. PIP ini dilakukan secara otomatis oleh google biasanya antara tanggal 21-25 setiap bulannya.

22. PI (Payment Issue)

Setelah PIP barulah PI. PI yaitu proses dimana publisher akan mendapatkan isyarat pembayaran dari adsense. Kode ini dikirimkan melalui email dan digunkan untuk mencairkan uang di kantor pos (WU).

23. Estimated Earning

Adalah asumsi jumlah penghasilan atau pendapatan yang akan diterima oleh publisher adsense dari iklan yang dipasang di blog atau iklan yang tampil di youtube dalam jangka waktu tertentu. Makara pendapatan estimated earning ini belum real atau niscaya tetapi hanya asumsi yang akan kita dapatkan.

24. NTCN (Money Transfer Control Number)

Adalah nomor khusus yang dikirimkan oleh google adsense  bagi publisher yang mensetting metode pembayarannya (gajian) melalui Western Union (WU). Nomor ini akan dikirimkan bila saldo (balance) akun adsense sudah melewati batas minimum pembayaran yaitu sebanyak $100.

25. Bank Lokal

Istilah bank lokal yaitu bank yang ada di wilayah publisher. Dengan bank lokal inilah publisher sanggup mencairkan uang dari akun google adsense. bank lokal yang sering dipakai oleh publisher Indonesia yaitu BCA (bank central asia), BNI (Bank Negara Indonesia), Mandiri dan BRI.

26. Verifikasi PIN

Adalah metode yang dilakukan oleh google untuk memverifikasi akun adsense dengan cara mengirimkan surat yang berisi isyarat beberapa digit (biasayan 6 digit). Surat dari google tersebut dikirimkan melalui kantor pos. dari kantor pos akan dikirmkan ke alamat publisher. Jika sahabat sudah mendapatkan surat dari pak pos yang berisi isyarat verifikasi, segera buka akun adsense dan masukan 6 digit isyarat verifikasi tersebut.

B. Jenis Iklan di Google Adsense 

Nah sob, sebelum memasang iklan Google AdSense sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis iklan Google Adsense itu sendiri. Saat ini jenis iklan Google AdSense yang terkenal dikenal yaitu jenis konten (termasuk Page-level ads untuk tampilan versi Mobile), tautan (link), dan kotak penelusuran (search).

1. Iklan Otomatis (Google Adsense Auto Ads)

Iklan otomatis (Auto Ads) yaitu unit format iklan gres dari Google AdSense yang dibentuk untuk memudahkan pengguna dalam menerapkan pemasangan iklan AdSense pada blog atau website Anda.

Format iklan Auto Ads diklaim sebagai iklan cerdas lantaran sanggup secara otomatis muncul pada area-area tertentu memakai metode pembelajaran mesin untuk menciptakan keputusan penempatan iklan pada posisi terbaik. Yang menarik disini yaitu Anda hanya perlu menambahkan satu potong isyarat sekali saja ke halaman Anda dan Google akan mengurus sisanya.

2. Iklan vinyet (Vignette ads) dan Iklan anchor (Anchor ads)

Iklan Vignette dan Anchor Ini tidak akan kau temukan bila kau mencarinya di Ad Unit. Namun bentuk iklan jenis ini berada di sajian Auto ads. jenis iklan ini termasuk jenis iklan overlay yang dalam bahasa indonesianya yaitu melayang.

3. Iklan teks & bergambar (Text & display ads)

Cara gampang untuk mendapatkan iklan di halaman Anda. Pilih ukuran, penempatan, dan gaya yang ingin Anda tampilkan.

4. Iklan InArticle (In-article ads)

Iklan yang pasang di antara paragraf halaman Anda untuk pengalaman membaca yang ditingkatkan.

5. Iklan dalam feed (In-feed ads)

Iklan yang mengalir secara alami di dalam daftar artikel atau produk di situs Anda, memperlihatkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

6. Konten yang sesuai (Matched content)

Tampilkan iklan dan juga promosikan konten Anda untuk berpotensi meningkatkan pendapatan, tampilan halaman, dan waktu yang dihabiskan di situs.

7. Iklan Google AdSense Jenis Kotak Penelusuran (Ads for Search)

Iklan Google AdSense jenis kotak penelusuran yaitu iklan yang tampil sesudah pengunjung melaksanakan pencarian dari kotak penelusuran blog kita.

Tujuan iklan ini yaitu semoga setiap pengunjung yang melaksanakan pencarian sanggup dimudahkan dalam mencari sesuatu. Dari sini publisher sanggup memperoleh penghasilan, setiap pengunjung melaksanakan pencarian melalui blog kita dan melaksanakan klik terhadap iklan yang ditampilkan.

Sekian artikel Mengenal Daftar Istilah Adsense dan Jenis Jenis Iklan di Google Adsense, Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.bloggerntt.com/