Contoh Rpp Berkarakter Eek (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

Contoh Rpp Berkarakter Eek (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
Contoh Rpp Berkarakter Eek (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
Contoh RPP Berkarakter EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) - Contoh pembuatan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelumnya pernah Toko Blog tulis namun masih dalam susunan atau rangkaian RPP lama. [baca contoh rpp]. Untuk pembuatan RPP yang baik dan benar sesuai dengan permendiknas atau permenag yakni titambah huruf dari setiap indikator rpp.

Contoh RPP Terbaru

Selain huruf juga ada penambahan EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) dimana ini di buat pada proses pembelajaran. Dan kali ini toko blog dot net akan memperlihatkan sampel RPP dari sekolah dasar (SD), SMP, SMA, jikalau sebelumnya contoh rpp untuk madrasah menyerupai Madrasai Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (mts) madrasah Aliyah  (MA). 
Contoh RPP Berkarakter EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

Berikut contoh komponen pembuatan RPP berkarakter (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi. 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Contoh RPP Terbaru

Sekolah                          : ....................................
Mata Pelajaran               : B. Indonesia
Kelas/Semester               : VII/2
Standar Kompetensi       : Mendengarkan 


  1.  ( memahami   wacana mulut melalui kegiatan  mendengarkan -berita)         
Kopetensi dasar    :
  1. Menyimpulkan isi isu yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu       : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik sanggup memperlihatkan pokok-pokok isu yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
  2. Peserta didik sanggup menyarikan pokok-pokok isu menjadi isi berita
  3. Peserta didik sanggup menyimpulkan isi isu dalam satu alinea

Karakter siswa yang diperlukan : 

  • Dapat dipercaya ( Trustworthines
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect 
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )

B.    Materi Pembelajaran

Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana


C.    Metode Pembelajaran

Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara wacana tokoh idola


D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi : 

  1. Peserta didik Membacakan teks berita
  2. Peserta didik mendengarkan teks isu yang dibacakan
  3. Peserta didik diminta bertanya wacana manfaat isu yang dibacakab

Motivasi : 

  1. Menjelaskan isi isu yang dibacakan dalam beberapa kalimat

Kegitan Inti

  • Eksplorasi
Dalam aktivitas eksplorasi, guru:
  1. Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  2. Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. melibatkan akseptor didik mencari informasi yang luas dan dalam wacana topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan mencar ilmu dari aneka sumber;
  4. menggunakan bermacam-macam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu lain;
  5. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara akseptor didik dengan guru, lingkungan, dan sumber mencar ilmu lainnya;


RPP Berkarakter - 
Contoh RPP Terbaru
  • Elaborasi
Dalam aktivitas elaborasi, guru:
  1. Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  2. Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  • Konfirmasi
 Dalam aktivitas konfirmasi, guru:
  1. memberikan umpan balik konkret dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan akseptor didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci akseptor didik melalui banyak sekali sumber,
  3. memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi akseptor didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan akseptor didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
  6. membantu menuntaskan masalah;
  7. memberi pola biar akseptor didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memberikan motivasi kepada akseptor didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
    Dalam aktivitas penutup, guru:

  1. bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan  pelajaran;
  2. melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, jadwal pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik;
  5. menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.    Sumber Belajar

  • Bagan identifikasi pengalaman
  • Gambar
  • VCD
  • Narasumber
  • Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Sekian contoh RPP terbaru berkarakter (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) yang baik dan benar sesuai standar pemerintah. Untuk pelajran yang lain sanggup anda ganti sesuai silabus yang ada. Misal pelajaran matematika, b. Inggris, PKN, IPA, IPS, fisika, kimia, PAI, biologi, sosiologi, akuntansi, ekonomi, B. arab, penjaskes, dll. Baca juga metode mencar ilmu mengajar untuk kesempurnaan mengajar anda sesudah memahami Contoh RPP Berkarakter ini.
.

Sumber https://tok0blog.blogspot.com/