Pengertian Html, Fungsi Dan Referensi Programnya

Pengertian Html, Fungsi Dan Referensi Programnya
Pengertian Html, Fungsi Dan Referensi Programnya

             HTML ialah abreviasi dari Hypertext Markuo Language, disebut dengan Hypertext sebab di dalam HTML semua text sanggup berfungsi untuk menciptakan menjadi link yang  dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan mengklik text tersebut.


HTML ialah abreviasi dari Hypertext Markuo Language Pengertian Html, Fungsi dan Contoh Programnya


HTML bukanlah sebuah Bahasa pemrograman, akan tetapi Bahasa markup,dalam Bahasa HTML tidak akan ditemukan struktur Bahasa pemrograman menyerupai IF,LOOP, maupun yang lainnya.HTML hanyalah sebuah Bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman web.
HTML biasanya dibentuk dalam sebuah text editor menyerupai notpad.notpad++ dan yang lainnya.
Beberapa text edtor yang sering digunakan:

  •                      Notepad++.
Tersedia untuk windows, Notepad++ mempunyai bermacam-macam fitur yang sangat mendukung para programmer dalam menciptakan program.

  •                     Sublime Text.
Text editor ini terbilang masih gres dan sangat gampang untuk digunakan,penampilan yang simple namun masih yummy untuk dilihat.Sublime text merupakan aplikasi berbayar tapi anda juga sanggup mendowload yang versi demonya yang gratis.Sublime text tersedia untuk system Operasi windows, linux dan Mac.

  •                    Gedit.
Gedit merupakan text editor yang khusus dipakai untuk pengguna yang berbasis linux.

Struktur HTML
HTML terdiri dari beberapa Struktur,diantaranya ada:

  • Elemen
Elemen sendiri terdiri dari tiga bagian,yaitu ( tag pembuka ), (isi), dan ( tag epilog ).Contohnya untuk menampilkan sebuah judul dokumen HTML pada sebuah web browser maka dipakai element title, dimana ditulis dengan <title> atau dibaca dengan tag title,tanda ( < >) disebut dengan tag.

  • Tag
Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, bahwa tag merupakan Bahasa khusus yang berupa dua abjad yaitu (< dan > ) sebagi misalnya tag html <html>.tag itu sendiri ditulis secara berpasangan yang terdiri dari tag pembuka <> dan tag epilog </> , misalnya <body>..</body>

Tag-tag dasar yang dipakai dalam HTML ialah :

  • <html>..</html> dipakai untuk menandai awal dan tamat dari suatu file HTML.
  • <title>..</title> tag ini merupakan tag yang akan ditampilkan oleh browser pada belahan title dan merupakan title dari jendela browser.
  • <head>..</head> tag yang berisi keterangan informasi,title dan jenis dokumen lainnya.
  • <body>..</body> tag ini merupakan tag awal dan tamat dari tubuh dokumen HTML.
Tag ini dipakai untuk menampilkan isi dari sebuah web yang ditulis,dalam tag ini anda sanggup memasukkan gambar, video, audio, dan yang lainnya.


Sumber https://berkas71.blogspot.com/