[Tips] Cara Mengatasi Smartphone Usang Terisi Ketika Charge

[Tips] Cara Mengatasi Smartphone Usang Terisi Ketika Charge
[Tips] Cara Mengatasi Smartphone Usang Terisi Ketika Charge
Charging
Lama dalam mengisi baterai smartphone kita kadang sangatlah menjengkelkan, apalagi ketika kita akan pergi ke suatu kawasan dan lupa mengisi baterai smartphone kita. Bagaimana cara mengatasi permasalahan ini, mari kita bahas di sini.

Sebelum beralih ke cara mengatasinya ada baiknya kita pahami dulu faktor faktor terjadinya hal ini. Intinya ada dua sumber problem yang nantinya akan terbagi lagi, yaitu yang pertama ialah problem eksternal yang disebabkan adanya error di luar dari smartphone itu sendiri, dan yang kedua ialah problem internal yang disebabkan oleh smartphone itu sendiri. Dengan mengetahui hal ini maka kita sanggup mengatasi problem ini dengan tepat, dan cara untuk mengatasinya akan kita bahas di bawah ya sobat.

Ekternal

1. Daya Listrik

Sepele memang tapi daya listrik dari kawasan kita mencolok cukup mempengaruhi, sanggup saja listrik di rumah atau kamar anda sedang tidak stabil, biasanya coba colokan yang berbeda untuk memastikan ini anda sanggup mencoba colokan di kamar orang renta anda atau rumah sahabat anda, kalau memang anda biasa mengisi baterai di kamar sendiri.

2. Kabel Charger

Kabel charger ini sangat rentan rusak, terutama pengguna iPhone kalau kita tidak menyimpannya dengan baik.  Anda sanggup mengganti kabel charger anda kalau anda mempunyai cadangannya, atau sanggup juga anda meminjam kepada saudara atau sahabat anda untuk memastikan bahwa kabel charge anda tidak rusak.

3. Adaptor Charger

Sama layaknya kabel charger, adaptor charger ini juga berperan penting, coba ganti adaptor milik anda dengan milik saudara atau sahabat anda, yang tentunya sejenis lantaran kalau jenisnya berbeda tentu akibatnya berbeda dan kalau tidak cocok biasanya akan menjadikan overheat yaitu panas yang berlebihan pada smartphone yang kalau dilakukan terlalu sering nantinya akan merusak komponen hardware smartphone kalian.

Jika cara di atas masih belum menghipnotis berarti ada kemungkinan smartphone anda bermasalah, kita beralih ke problem internal.

Internal

1. Smartphone Error

Kadang smartphone kita bekerja terlalu berat sehingga terjadi error dalam beberapa proses. Kalian sanggup merestart smartphone kalian atau melaksanakan update OS kalian. Jika anda memakai Android dan custom ROM beberapa ROM mempunyai bug charging lambat ketik saya memakai beberapa ROM based on CM 12 sebelum tanggal 7 Juli beberapa ROM based CM ketika itu mengalami bug itu, jadi ganti ROM anda atau tunggu update dari ROM anda. Kita juga sanggup melaksanakan kalibrasi baterai kalau dirasa perlu, dengan menghabiskan baterai dan mengisinya lagi dengan full ketika mati, untuk cara legkapnya kalian sanggup cek di artikel [TIPS] Cara Kalibrasi Baterai Android yang Baik. Jalan terakhir ialah melaksanakan flash factory image, untuk mengetahui apakah itu kerusakan software atau hardware, kalau sesudah melaksanakan flash factory image hal yang sama masih terjadi kemungkinan besar hardware smartphone anda bermasalah.

2. Port Charger Bermasalah

Port Charger yang bermasalah biasa ditemukan di device Samsung, tetapi semua device berpotensi mengalami hal ini. Biasanya permasalahannya ialah udara yang lembab atau pernah terkena air sehingga port charger kotor atau berjamur. Jika kalian sanggup membukanya sendiri maka akan lebih gampang dibersihkan, tetapi kalau kalian tidak sanggup cukup ambil sikat gigi atau pembersih yang sanggup menjangkau port dan gosokan perlahan pada pecahan port charger. Pada beberapa permasalahan Samsung juga ditemukan port yang besinya bengkok, untuk memastikannya cari sahabat anda yang memakai device sejenis dan lihat portnya, kalau bengkok maka luruskan port anda memakai peniti secara perlahan, jangan terlalu berlebihan memakai tenaga dikhawatirkan patah. Jalan terakhir ialah dengan mengganti port charger dengan yang gres di Service Centre, biasnya harganya berkisar 80rb sampai 350rb tergantung device dan lokasi anda.

Di atas sudah kita bahas problem masalah dan cara mengatasinya, tetapi bagaimana cara kita tahu kecepatan charge device kita?

1. Menggunakan Cara Manual

Dengan cara menscreenshot device kita sebelum charging, dan lihat indikator baterai dan jamnya. Setelah beberapa menit umumnya yang saya gunakan 10, 30, atau 60 menit kita sanggup melihat lagi baterai kita kini sudah berapa persen, maka kalian sudah mendapat kecepatan charge kalian dalam waktu tertentu. Umumnya smartphone charging itu 0.5 - 2% per menit tergantung device dan daya juga sebetulnya tidak selalu sama semua device.

2. Menggunakan Applikasi

Kita sanggup memakai applikasi untuk mengecek daya masuk ke baterai smartphone kita walaupun tidak begitu akurat tapi data yang diberikan cukup mewakili, lantaran keterbatasan saya jadi di sini saya hanya memakai pola android. Apps yang saya pakai di android ialah Ampere dan Battery Monitor Widget.

Link Download :



Tulisan di atas ialah menurut pengalaman langsung saya menghandle kerusakan smartphone saya dan sahabat sahabat saya, kalau ada kesalahan mohon maaf dan ingat selalu Do With Your Own Risk. Semoga bermanfaat selamat mencoba.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

Baca Juga :
Source :

Image :

Sumber http://www.ardnesia.com/