Cara Menciptakan Mikrotik Routerboard Otomatis Backup Dan Reboot

Cara Menciptakan Mikrotik Routerboard Otomatis Backup Dan Reboot
Cara Menciptakan Mikrotik Routerboard Otomatis Backup Dan Reboot
Mikrotik RouterBoard yaitu sebuah alat networking yang berfungsi untuk memanajemen bandwidth dalam sebuah jaringan, mikrotik router board biasa digunakan di warnet, warung kopi yang menyediakan hotspot wifi dengan voucher, warung wifi corners, perusahaan besar dll.
Mikrotik routerboad membawa fitur Backup dan Reboot yang dapat di lakukan setiap waktu yang kita inginkan, namun disini saya akan menyebarkan Cara Membuat Mikrotik RouterBoard Otomatis Backup dan Reboot

Backup yaitu menyimpan pengaturan terakhir untuk mengatisipasi jikalau terjadi persoalan dengan pengaturan yang kita buat(lagi), jikalau pengaturan sebelumnya sudah di backup, maka jikalau ada persoalan dengan mikrotik routerboard, kita tinggal me-restore nya.

Reboot yaitu mematikan atau menghetikan sejenak kemudian otomatis menyala lagi dan bekerja lagi, melaksanakan reboot sangat penting untuk mikrotik routerboad kita, kenapa ? mikrotik yang bekerja terus menerus tanpa henti pastinya kelelahan, log menumpuk, prosesor semakin panas, maka mikrotik routerboard biasanya semakin loyo atau respon berkurang dan kurang maksimal, oleh alasannya yaitu itu kita perlu merebootnya secara rutin.

Untuk menciptakan pengaturan Mikrotik routerboard membackup dan roboot secara otomatis di butuh kan sebuah script, script ini berjalan otomatis sesuai pengaturan yang kita buat, kerjanya sama ibarat auto remove user yang sudah ekspired.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk ke Winbox, kemudian ke hidangan System kemudian pilih Script 

2. Di tab Script List klik icon + untuk menciptakan script baru, lihat gambar berikut..


Masukan Script ini :
if ([len [/file find name=tigabelasnet.backup]] = 1) do={[/file remove tigabelasnet.backup]}
if ([len [/file find name=tigabelasnet.backup]] = 0) do={[/system backup save name=tigabelasnet.backup]}

Sebelum menciptakan Scheduler alangkah baiknya test terlebih dahulu apakah script berjalan atau tidak, dengan mengklik Run Script kemudian buka hidangan Files dan lihat apakah ada file berjulukan xxx.backup, kalau ada artinya script berjalan dengan baik, dan sebaliknya jikalau tidak ada maka kemungkinan ada kesalahan dalam menulis script, lihat gambar berikut...


3. Membuat Scheduler , supaya supaya setiap jam berapa dalam berapa hari Mikrotik RouterBoard otomatis melalukan Backup dan Reboot, saya pola kan Mikrotik RoterBoard saya melaksanakan backup otomatis setiap hari pada jam 03.00 dan Reboot pada jam 04.00, caranya sebagai berikut :

Ke hidangan System kemudian pilih Scheduler , kemudian tambah Scheduler gres dengan mengkik +


Jangan lupa memasukan script yang sama ibarat di atas, kalau sudah klik Apply dan Ok.

Selesai menciptakan Pengaturan otomatis Backup, untuk menciptakan Pengaturan otomatis Reboot cara nya sama hanya berbeda di scripnya saja, untuk scripnya sebagai berikut :
/system reboot
y


Demikian Cara Membuat Mikrotik RouterBoard Otomatis Backup dan Reboot, jikalau ada yang kurang terperinci silahkan corat coret saja di kolom komentar, Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang gres berguru di mikrotik ibarat saya, Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :

Cara Mendaftar Berlangganan Indihome dan Wifi id Dengan Mudah

Review Mikrotik RB750r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Membuat User Trial Mikrotik dan Script Untuk Template Login Yang Sudah di Modifikasi