Komunikasi Video Dalam Dunia It | Bahan Komunikasi Video

Komunikasi Video Dalam Dunia It | Bahan Komunikasi Video
Komunikasi Video Dalam Dunia It | Bahan Komunikasi Video


Pengertian Video
Video ialah sebuah teknologi pemrosesan sinyal elektronik yang mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video ialah televisi, tetapi ia sanggup juga dipakai dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
Video ialah sebuah teknologi pemrosesan sinyal elektronik yang mewakilkan gambar bergerak Komunikasi Video dalam Dunia IT | Materi Komunikasi Video


Macam-Macam Video
  • Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada dikala mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

           Beberapa Kategori Video IP :
o  Kategori pertama ialah memancarkan video dari satu sumber ke aneka macam tujuan.Pemancaran ibarat ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara pribadi atau lewat rekaman.
o   Kategori kedua ialah video menurut permintaan, jadi hanya satu pengguna saja yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan dalam IP unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan di server tertentu.
o   Kategori ke tiga ialah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna. Ini ialah tipe video paling kompleks, dan diharapkan baik transmisi IP unicast bahkan di beberapa perkara multicast
  • Videotex adalah sebuah Istilah yang dibentuk ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang dipakai untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.
  • Video Out Fitur ialah sebuah video yang berada pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan gambaran digital di layar video.
  • Video RAM Disingkat juga dengan VRAM. Tipe Istimewa dari DRAM yang memungkinkan terusan direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal kalau dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
  • Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.

Perangkat Video
  • Video CODEC ,Codec ialah istilah singkat dari Compression atau Decompressin dimana fungsinya untuk mengkompress atau mengekstrak sebuah file video,untuk penghematan bandwidth Video Controller ,melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.
  • Camera & monitor merupakan perangkat input/output dalam sistem video
Media Komunikasi Video

Media komunikasi video ialah suatu alat komunikasi yang sanggup ditangkap melalui visual atau penglihatan, komunikasi memungkinkan semua orang untuk bertemu pada dikala yang sama tidak peduli zona waktu, komunikasi video memungkinkan untuk melaksanakan sesuatu tanpa harus bertemu dengan si received atau si penerima, bisa mengirim  dan memberikan sebuah informasi kepada siapa pun dengan cepat.  
Contohnya  seperti televisi/TV, misalkan ada sebuah program info atau NEWS, yang memberikan hasil informasi yang mereka dapatkan, dan sanggup diberitahukan kepada siapapun secara visual atau video, dengan memakai media komunikasi video.
Manfaat komunikasi video
Manfaat dari komunikasi video sanggup ditemukan dalam industri yang berbeda , ibarat militer , pendidikan , kesehatan ( telemedicine ) , manajemen , masyarakat , pendidikan profesional , perpustakaan dan bahan pelajaran tertentu .
Antara Lain : 
  • Menghemat biaya
  • praktis
  • Dapat memperlihatkan informasi tanpa harus bertemu dengan orang tersebut

Video streaming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan client-server dalam melaksanakan seruan (request) untuk dikirimi data yang bersifat multimedia (audio, video). data (content) dari operator atau penyedia jasa layanan memasang datanya kedalam aplikasi layanannya yang kemudian sanggup diakses oleh pengguna.Data ini sanggup berupa file audio video yang bersifat real time artinya kejadiannya berlangsung juga dikala diakses ibarat kondisi kemudian lintas di jalan raya yang telah dipasang kamera dan dipancarkan ke kantor operator yang kemudian diakses oleh pengguna.



Sumber https://berkas71.blogspot.com/