Cara Menciptakan Master Port Atau Bridging Mikrotik Routerboard

Cara Menciptakan Master Port Atau Bridging Mikrotik Routerboard
Cara Menciptakan Master Port Atau Bridging Mikrotik Routerboard
Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard
Kepikiran untuk memanfaatkan Port atau Ether Mikrotik yang nganggur untuk dijadikan Master Port atau biasa disebut juga dengan Bridging Mikrotik RouterBoard ternyata caranya sangat mudah, kenapa saya kepikiran untuk menciptakan Master Port atau Bridging ? sebab saya memakai beberapa Access Point yang sengaja saya konfigurasi di Port atau Ether yang sama dan pastinya di IP yang sama. 

Sebagai pola anda memakai Ether atau Port 2 untuk dijadikan port Access Point, sedangkan anda akan memasang beberapa Access Point dalam satu IP contohnya 3 buah, Anda tinggal membeli Switch Hub lalu colokan ke Port 2 dan  Access Point ketiganya tersebut tinggal colokan saja ke Switch Hub selesai

Namun disini saya akan sharing Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard semoga supaya port-port yang nganggur dapat kita manfaatkan sebagai Switch Hub semoga dapat dipakai untuk beberapa Access Point.


Langsung saja ke langkah-langkahnya...

1. Koneksikan perangkat anda dengan memakai koneksi internet dari mikrotik, lalu buka Winbox

2. Setelah berada di Winbox, silahkan pilih Bridge

3. Buat Bridge gres dengan mengklik logo + dan isi nama terserah anda, jangan lupa beri centang di Fast Forward, kemudian pindah ke tab STP Protocol Mode pilih none, lalu Apply dan Ok
4. Masih di sajian Bridge lalu pindah atau klik tab Ports, menciptakan atau menambahkan Port-port mana saja yang akan di Bridge, klik logo + , klik di interface untuk menentukan port atau ether mana yang akan di bridge, lalu klik Apply dan Ok, lakukan cara yang sama untuk ether-ether yang lain, kalau saya menciptakan Bridging untuk port 2345 maka akan menyerupai pada gambar berikut :

5. Setelah selesai konfigurasi Bridge, lalu pribadi menuju DHCP Server, IP > DHCP Server
di DHCP Server kalau anda sebelumnya sudah membuat, anda tinggal memindahkan Interface nya ke Bridge yang tadi anda buat, klik Apply dan Ok, kalau galau silahkan lihat gambar berikut :
6. Langkah selanjutnya, kalau anda mengkonfigurasi untuk Hotspot, maka anda tinggal memindahkan Interface nya di Server Hotspot, IP > Hotspot > Servers , Interface pilih Bridge yang sudah anda buat tadi. lihat gambar berikut :

7. Yang terakhir memindahkan Interface di IP Address, IP > Address , Pilih IP yang di gunakan Mikrotik untuk Access Point, lalu pindah atau pilih Interface Bridge yang sudah anda buat tadi, klik Apply dan Ok, lihat gambar brikut :


8. Reboot Mikrotik, System > Reboot

9. Selesai, Silahkan colokan Access Point ke Ether yang sudah di Bridging,


Demikian  Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard, Jika ada yang kurang dimengerti tanyakan saja di kolom komentar, Silahkan share kalau artikel ini bermanfaat, Terimakasih