Pengertian,Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian,Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer
Pengertian,Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian

         Jaringan computer yakni sebuah kumpulan computer,printer dan peralatan lainnya yang terhubung antara satu dengan yang lainnya.informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memngkinkan pengguna jaringan computer sanggup saling bertukar dokumen dan data.Setiap computer yang terhubung antara satu dengan yang lain, baik itu computer ,printer dan peralatan lainnya disebut dengan Node.


Jaringan computer yakni sebuah kumpulan computer Pengertian,Fungsi dan manfaat jaringan komputer


         Menurut Tannebaum ( 1981 ) jaringan computer yakni aninterconnected collection of autonomous computers yaitu suatu kumpulan interkoneksi dari aneka macam computer yang otonom.Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih computer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Fungsi Jaringan Komputer
  • Membagai sumber daya.
Sebuah jaringan computer sanggup dipakai untuk sarana membagi sumber daya.maksud dari sumber daya tersebut sanggup berupa printer atau data-data,maupun sebuah software.
  • Menghemat Uang.
Dengan adanya sebuah jaringan computer, sebuah perusahaan maupun sekolahan sanggup menghemat penggunaan peralatan yang digunakan, contohnya printer alasannya dengan adanya sebuah jaringan computer sanggup menciptakan satu printer sanggup dipakai oleh banyak computer.
  • Reliabilitas tinggi.
Maksudnya yaitu dengan adanya jaringan computer sanggup menciptakan kita sanggup mengcopy data-data dari computer sat uke computer lainnya.Dengan demikian apabila terjadi hambatan dengan satu computer, kita sanggup memakai computer yang lainnya. Karena data-data yang tadi sudah di copy ke semua computer dengan memakai jaringan computer.
  • Sarana komunikasi.
Jaringan computer sanggup dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi contohnya sebuah sekolah akan memperlihatkan pengumuman kepada guru-gurunya. Maka sekolahan tersebut tidak perlu repot-repot mencetak pengumuman tersebut, alasannya sekolahan tersebut hanya mengirimkan pengumuman tersebut lewat jaringan computer.

Manfaat Jaringan Komputer

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang sanggup kita dapatkan dari adanya jaringan computer,diantaranya yaitu :
  • Mempercepat proses mengembangkan data atau sanggup di sebut sharing data.
Transfer data pada sebuah jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana mengembangkan jenis lainnya.hal ini sangat mempermudah sebuah user dalam memperoleh data yang dinginkan dengan cepat.
  • Hemat biaya atau sumber daya lebih efisien.
Misalnya dengan adanya sebuah printer atau mesin cetak kita sanggup memakai printer tersebut untuk banyak user.
  • Menjaga isu biar tetap handal dan up-to-date.
Sebuah system penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh sebuah computer server memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari aneka macam lokasi yang berbeda, dan membatasi saluran ke data sewaktu sedang diproses.



Sumber https://berkas71.blogspot.com/