[Share] Pengalaman Transfer Antar Bank Dana Tidak Masuk Di Rekening Tujuan

[Share] Pengalaman Transfer Antar Bank Dana Tidak Masuk Di Rekening Tujuan
[Share] Pengalaman Transfer Antar Bank Dana Tidak Masuk Di Rekening Tujuan
Sobat ardnesia kali ini aku akan bercerita perihal pengalaman aku ketika transaksi antar bank dan kebetulan transaksi antar bank itu sedang error. Saldo di rekening aku berkurang tetapi tidak ada dana masuk di rekening tujuan.

Kejadian ini bermula pada tanggal Senin, 18 Juli 2016 ketika aku membutuhkan dana untuk pembelian tiket pesawat. Waktu itu kebetulan ketika ingin membeli tiket pesawat saldo di Bank BCA aku kurang Rp 300.000 sehingga aku karenanya memutuskan untuk memindahkan saldo aku yang ada di bank Mandiri ke bank BCA. Pukul 15.00 WITA aku transfer sebesar Rp 300.000 dari rekening Mandiri ke rekening BCA aku sendiri. Saldo di rekening Mandiri aku berkurang, tetapi saldo di rekening BCA aku tidak bertambah dan keterangan transfer sukses. Awalnya aku berpikir bahwa itu hanyalah error biasa, tetapi alasannya aku sangat membutuhkan uang itu terkait batas transfer untuk pembayaran tiket, karenanya aku meminta tolong teman aku yang berada di luar kota untuk meminjamkan uang sejumlah Rp 300.000 untuk di transfer ke rekening saya. Teman aku memakai rekening BNI dan menyatakan bahwa internet bankingnya error, di situ aku berpikir bahwa dana aku yang sebelumnya tidak masuk mungkin nyangkut dan delay menyerupai biasa dikarenakan server sedang error. Setelah itu aku menanyakan teman aku apakah ia mempunyai rekening BCA dan syukur ada untuk sesama bank ketika itu tidak error, dan sesudah ia konfirmasi transfer dana eksklusif masuk ke rekening saya.

Setelah 1 x 24 jam menunggu, uang yang kemarin aku transfer dari rekening Mandiri dengan status sukses ke rekening BCA aku belum juga masuk. Akhirnya aku memutuskan untuk menelpon call service Mandiri di 14000 untuk menanyakan status transaksi tersebut. Setelah aku telepon pihak CS Mandiri aku mendapat balasan bahwa dari kemarin transaksi aku sukses, tetapi alasannya laporan aku bahwa uang belum masuk ke rekening BCA saya, pihak CS Mandiri menyampaikan akan melaksanakan cek ulang terhadap transaksi tersebut dan menyuruh aku menunggu 1x24 jam lagi. Jika dana belum juga masuk aku disuruh menyiapkan buku rekening, kartu atm, dan KTP yang nantinya di bawa ke Bank Mandiri terdekat untuk diurus.

Akhirnya aku memutuskan untuk mencari tahu di internet, apakah banyak orang yang mengalami hal serupa. Ternyata aneka macam bahkan ada yang dananya tidak kembali dan hilang begitu saja. Dari pengalaman aku yang kemudian lalu, kalau sudah berhari hari pihak Bank akan menanganinya lebih lambat dan alasannya aku juga sedang di Luar Kota dan dalam perjalanan pulang aku tidak berpikir bahwa aku bisa segera mengurus dilema ini.

Setelah menunggu, aku cek lagi saldo di rekening aku pada hari Rabu 20 Juli 2016 dan karenanya dana tersebut masuk ke rekening BCA aku tetapi dalam mutasi tanggal 18 Juli, tetapi sesudah di cek kali ini saldo aku bertambah sesuai dengan nominal yang aku transfer waktu itu. Sepele sih bahu-membahu dan nominalnya juga tidak besar, tetapi di ketika urgent hal hal menyerupai ini sangat merepotkan saya. Tapi syukurlah pada karenanya dananya masuk alasannya jujur aku malas sekali untuk urus hal hal menyerupai ini ke dua pihak Bank yang pastinya memakan waktu berhari hari.

Untuk kalian yang mengalami hal serupa, jangan eksklusif panik tenangkan diri kalian dulu alasannya kalau panik biasanya keputusan yang diambil tidak akan baik. Kalian bisa mengikuti langkah langkah ini sesudah kalian menenangkan diri :

1. Hubungi Call Service Bank Tersebut
Sebisa mungkin secepatnya kalian hubungi pihak Bank tersebut, alasannya semakin kalian menunda biasanya akan semakin usang mengurusnya apalagi kalau nominal yang nyangkut itu besar, kan tidak mengecewakan kita juga rugi waktu nantinya. Biasanya nanti kita disuruh menunggu 1x24jam, kalau dana belum masuk lanjut ke step 2. Pengalaman pribadi aku sih paling usang 3 hari, tetapi ada baiknya kalian yang mempunyai waktu yang mahal terutama yang bekerja, kalian mengurus secepat mungkin tidak perlu menunggu selama itu.

2. Siapkan Hal Hal yang Dibutuhkan
Biasanya pihak Bank akan meminta buku rekening, kartu ATM, dan KTP kalian pastikan kalian memenuhi persyaratannya semoga tidak bolak balik terutama kalau ada persyaratan yang diharapkan tetapi tidak aku sebutkan di atas.

3. Datang ke Bank Tersebut
Kita tiba ke Bank terkait untuk cetak buku tabungan di sana nanti akan terlihat error di mana. Hal yang menciptakan malas, biasanya kita akan mengurus hal ini ke dua Bank yang ditransfer dan biasanya melibatkan 2 orang yakni si pengirim dan si peserta dana. Pada masalah aku yang kini kebetulan aku transfer ke rekening sendiri jadi tidak melibatkan orang lain. Tetapi pada masalah masalah sebelumnya, aku sangat bersyukur mempunyai buyer buyer yang sangat ramah dan mau membantu perihal ini sampai masalah selesai, jadi pastikan kalian menjaga kontak dengan orang terkait ya untuk mempermudah kalian mengurus masalah ini.

Dari semua masalah yang pernah aku alami, aku bersyukur semua dananya bisa diurus dengan baik, Jika baca baca pengalaman orang lain, ada yang dananya tidak kembali, entah alasannya proses usang dan ribet sehingga mereka malas mengurusnya atau entah memang dananya hilang ke mana. Jika kalian punya dilema serupa kalian bisa diskusikan di kolom komentar siapa tahu beberapa dari kita bisa membantu kalian.

Sekian artikel dari aku gampang mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan proteksi untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian bisa subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

Sumber http://www.ardnesia.com/