[Tips] Memperbaiki Layar Kuning Samsung Yang Muncul Hanya Di Beberapa Apps

[Tips] Memperbaiki Layar Kuning Samsung Yang Muncul Hanya Di Beberapa Apps
[Tips] Memperbaiki Layar Kuning Samsung Yang Muncul Hanya Di Beberapa Apps
Sobat ardnesia pernah ga mengalami datang tiba tampilan layar menjadi kekuningan, dan tampilan kekuningan ini tidak muncul di semua tampilan, melainkan hanya di apps apps atau seting tertentu saja. Jika sobat ardnesia pernah mengalaminya yuk kita cek tips tips di bawah untuk memperbaikinya.

Entah apa ini namanya, tetapi kasus ini berbeda dengan kasus Yellow Tint yang pernah saya bahas di artikel [FIX] Yellow Tint, Cara Memperbaiki Penyakit Layar Kuning Android Kalian. Secara umum yellow tint merupakan tanda-tanda error pada layar yang menciptakan tampilan layar kita terlihat lebih kekuningan dibandingkan layar lain pada device sejenis, pada kasus ini bukan hardware yang error melainkan ada crash di bab software.
Layar Kekuningan
Berawal dari seseorang yang tidak saya kenal yang add official account Line di @ardnesia dan menceritakan keluhannya. Dia menceritakan bahwa layarnya bermetamorfosis kuning hanya ketika tampilan pada sajian notification kafe dan hanya ketika membuka beberapa sajian di setting menyerupai pada gambar Layar Kekuningan di atas, dan sisanya normal menyerupai pada gambar Layar Normal di bawah. Di sini kita akan bahas bagaimana memperbaiki untuk hal error tersebut dan bagaimana cara mengetahui apakah yang error itu yakni software atau hardware.
Layar Normal
Bagaimana Cara Mengetahui yang Error itu Software atau Hardware ?

Baca Juga : 

Untuk kasus di atas, cara yang saya lakukan yakni meminta screen shot dari layar yang dianggap kuning.

1. Screenshot
Screenshot bab layar yang kalian anggap ada perubahan kekuningan atau tidak. Lakukan juga screenshot pada bab layar yang tampilannya normal. Akan terlihat perbedaan menyerupai gambar Layar Kekuningan di bawah.
Layar Kekuningan

2. Kirim File
Kirim file tersebut ke HP teman kalian atau siapapun yang gampang kalian hubungi untuk di cek.

3. Cek Gambar
Setelah file diterima silahkan kalian cek gambar yang ada pada device teman kalian.
Jika gambar mempunyai warna yang sama kemungkinan hardware kalian yang error.
Jika gambar mempunyai warna yang berbeda alias salah satu kekuningan kemungkinan software kalian yang error.
Biasanya sih tidak hingga hardware, hanya hingga software yang crash terhadap apps apps tertentu saja.

Bagaimana Cara Memperbaiki Layar Kuning Tersebut ?

Untuk persoalan software, pada kasus ini saya melihat ada yang janggal pada tampilan notification nya. Makara saya suruh beliau untuk menguninstal apps apps yang ada pada notification kafe nya.

1. Identifikasi Page atau Bagian Screen
Kalian cari tahu di mana layar kalian datang tiba menjadi kuning. Pada kasus saya yakni ketika beliau menarik layar notifikasi, dan di beberapa sajian setting.

2. Identifikasi Applikasi Kalian
Ingat ingat kembali sebelum kalian mengalami error tersebut, terakhir kali kalian menginstal applikasi apa? Atau terakhir kali kalian merubah settingan apa?

3. Eksekusi
Jika kalian ingat applikasi yang terakhir kalian instal, silahkan di uninstal. Jika kalian ingat terakhir kali kalian merubah suatu settingan silahkan kalian kembalikan settingan tersebut. Pada kasus saya ini si user  lupa sama sekali beliau pernah apa, jadi saya hanya melihat kejanggalan pada notification nya, di sana beliau instal apps menyerupai Facebook, UC Browser, dan CM (Clean Master), CM Locker. Saya suruh beliau untuk uninstal apps apps tersebut dan DONE ! Layarnya kembali menyerupai semula. Mungkin apps apps ini ada yang error sehingga terjadi crash dengan software dan bloatware display bawaan samsung. Jika kalian tetap membutuhkan applikas applikasi tersebut instal kembali satu persatu dan cek sehabis satu applikasi terinstal, apakah ada error, terus ulangi cara itu hingga kalian menemukan apps apa yang menjadikan error.

Optional

Untuk kasus kali ini, persoalan selesai hingga tahap 3 jikalau kalian masih mengalami hal yang sama sehabis mencoba cara di atas, saya sarankan kalian backup data kalian dan melaksanakan Factory Reset. Jika hal ini masih terjadi kemungkinan hardware kalian yang mengalami error, silahkan dibawa ke Service Center terdekat. Jika dengan cara ini selesai, maka ada apps yang error menyerupai yang sudah dijelaskan pada tahap 3. Silahkan ikuti aba-aba di tahap 3 untuk mengetahui applikasi apa yang menciptakan error.

Sekian artikel dari saya gampang mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan pemberian untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian dapat add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian dapat subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^



Sumber http://www.ardnesia.com/