Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan

Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan
Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan
Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan 



Pengertian Keuangan

Keuangan yaitu istilah luas yang menggambarkan dua aktivitas terkait: studi ihwal bagaimana uang dikelola dan proses kasatmata untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. Ini meliputi pengawasan, penciptaan dan studi ihwal uang, perbankan, kredit, investasi, aset dan kewajiban yang membentuk sistem keuangan.

Banyak konsep dasar dalam keuangan berasal dari teori ekonomi mikro dan makro. Salah satu teori yang paling fundamental yaitu nilai waktu dari uang, yang intinya menyatakan bahwa satu dolar ketika ini bernilai lebih dari satu dolar di masa depan.

Karena individu, bisnis, dan entitas pemerintah semuanya membutuhkan dana untuk beroperasi, bidang ini sering dipisahkan menjadi tiga sub-kategori utama: keuangan pribadi, keuangan perusahaan, dan keuangan publik (pemerintah).

 

Jenis Keuangan

1. Keuangan Pribadi

Perencanaan keuangan umumnya melibatkan analisis posisi keuangan individu atau keluarga ketika ini, dan merumuskan taktik untuk kebutuhan masa depan dalam batasan keuangan. Keuangan langsung adalah aktivitas yang sangat langsung yang sangat tergantung pada pendapatan, kebutuhan hidup, tujuan, dan harapan individu seseorang.

Sebagai contoh, individu perlu menabung untuk biaya pensiun, yang berarti menginvestasikan cukup uang sepanjang jalan untuk mendanai planning jangka panjang mereka dengan baik. Jenis keputusan administrasi keuangan ini berada di bawah keuangan pribadi.

Keuangan langsung meliputi pembelian produk keuangan, menyerupai kartu kredit, asuransi, hipotek, dan aneka macam jenis investasi. Perbankan juga dianggap sebagai bab dari keuangan pribadi, termasuk rekening giro dan tabungan serta layanan pembayaran online atau seluler menyerupai PayPal dan Venmo.
Keuangan

 

2. Keuangan Perusahaan

Keuangan perusahaan terdiri dari aktivitas keuangan yang terkait dengan menjalankan korporasi, biasanya dengan divisi atau departemen yang dibuat untuk mengawasi aktivitas keuangan.

Misalnya, perusahaan besar mungkin harus tetapkan apakah akan mengumpulkan dana embel-embel melalui penerbitan obligasi atau penawaran saham. Bank investasi sanggup memberi pesan yang tersirat kepada perusahaan ihwal pertimbangan tersebut dan membantu mereka memasarkan sekuritas.

Startup sanggup mendapatkan modal dari investor malaikat atau pemodal ventura dengan imbalan persentase kepemilikan. Jika sebuah perusahaan berkembang dan tetapkan untuk go public, itu akan menerbitkan saham di bursa saham dalam penawaran umum perdana (IPO) untuk mendapatkan uang tunai.

Contoh lain sanggup berupa perusahaan yang mencoba menganggarkan modal mereka dan menciptakan keputusan ihwal proyek apa yang akan didanai dan proyek apa yang akan ditunda untuk menumbuhkan perusahaan. Jenis keputusan ini termasuk dalam keuangan perusahaan.


3. Keuangan publik

Keuangan publik meliputi kebijakan pajak, pengeluaran, penganggaran, dan penerbitan utang yang semuanya memengaruhi cara pemerintah membayar layanan yang diberikannya kepada publik.

Pemerintah federal membantu mencegah kegagalan pasar dengan mengawasi alokasi sumber daya, distribusi pendapatan, dan stabilisasi ekonomi. Pendanaan rutin dijamin sebagian besar melalui perpajakan. Meminjam dari bank, perusahaan asuransi dan pemerintah lain juga membantu membiayai pemerintah.

Selain mengelola uang untuk operasi sehari-hari, tubuh pemerintah juga mempunyai tanggung jawab sosial yang lebih besar. Tujuannya termasuk memperoleh distribusi pendapatan yang adil bagi warganya dan memberlakukan kebijakan yang mengarah pada ekonomi yang stabil.
Sumber https://www.ambyaberbagi.com/