* Surat Massal
Surat masal ialah surat dengan isi yang sama, namun ditujukan kepada banyak orang atau alamat. Di Ms. Word Fasilitas yang dipakai ialah Mail Merge.
Sebelum anda menciptakan surat massal anda harus siapkan terlebih dahulu document/surat yang akan anda kirim ke banyak orang. Misalkan anda seorang sekretaris dan bos anda meminta untuk menciptakan surat seruan rapat bagi seluruh karywan yang ada di kantor anda, dimana di surat tercantum kepada siapa surat dituju, isi surat sama tetapi berbeda pada kepada siapa di berikan (nama karyawan, jabatannya, dan pecahan akan mengirim surat seruan menyerupai pola di bawah ini :
**** Langah-Langkah menciptakan surat massal****
1. Siapkan document atau surat massal yang akan anda kirim ke banyak orang, untuk pola diatas kecuali << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >> yang lain di ketik menyerupai biasa.
2. Klik pecahan Mailings, Start Mail Merge, Step by Step mail merge wizard.
3. Maka akan muncul jendela Task Pane sebelah kanan, pada step 1 of 6 pilih letters pada 4 opsi yang akan tersedia dan klik pada goresan pena Next : Starting Document.
4. Pada step 1 of 6 pilih Use the current Document, dan klik pada goresan pena Next : Select Recipient.
5. Pada Step 3 of 6, pada step ini kita akan menciptakan list yang gres untuk << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >, sebab itu pada pilihan select Recipients pilih Type a new list, klik pada goresan pena Create.
Klik Customize untuk mengatur data yang akan dijadikan perbedaan dalam pembuatan surat massal yaitu << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >>, Maka akan tampil obrolan sebagai berikut :
6. Hapus semua yang ada di pecahan Field Names dengan klik pada Delete, diikuti dengan klik yes, lalu isi beberapa macam perbedaan data untuk surat anda sebagai pola disini anda masukkan Nama, Jabatan, dan pecahan dengan klik Add.
7. Bila telah cukup klik OK untuk kembali ke kotak Dialog New Address List.
8. Isi data secukupnya pada form yang tersedia.
9. Klik OK bila sudah tamat mengisi data.
10. Pada pecahan ini anda diminta untuk menyimpan list perbedaan saja, yaitu hanya nama, jabatan, dan pecahan saja, usahakan menyimpan list satu kawasan dengan file Wordnya
11. Klik save
12. Klik Close dan Ok
13. Maka kita akan kembali ke document, maka di document kita secara otomatis akan muncul toolbar mail merge
14. Untuk memasukkan nama, jabatan, dan pecahan ke document, letakkan kursor pada kawasan yang akan kita masukkan filed contohnya : untuk nama kemudian klik pada insert merge field
15. Pada kotak obrolan Insert Mail Merge Field pilih data apa yang ingin di masukkan contohnya nama sesuai pola kemudian klik insert begitu seterusnya untuk pecahan dan jabatan.
Sekian tutorial dari ane biar bermanfaat, jikalau ada pertanyaan atau saran silahkan berkomentar di bawah ya gan, jangan lupa baca artikel Cara Membuat Tabel, Header and Footer, Border and Shading Pada Microsoft Word.
Sumber https://optimisinfo.blogspot.com/
Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word |
1. Siapkan document atau surat massal yang akan anda kirim ke banyak orang, untuk pola diatas kecuali << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >> yang lain di ketik menyerupai biasa.
2. Klik pecahan Mailings, Start Mail Merge, Step by Step mail merge wizard.
3. Maka akan muncul jendela Task Pane sebelah kanan, pada step 1 of 6 pilih letters pada 4 opsi yang akan tersedia dan klik pada goresan pena Next : Starting Document.
4. Pada step 1 of 6 pilih Use the current Document, dan klik pada goresan pena Next : Select Recipient.
5. Pada Step 3 of 6, pada step ini kita akan menciptakan list yang gres untuk << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >, sebab itu pada pilihan select Recipients pilih Type a new list, klik pada goresan pena Create.
Klik Customize untuk mengatur data yang akan dijadikan perbedaan dalam pembuatan surat massal yaitu << Nama >>, << Jabatan >>, dan << Bagian >>, Maka akan tampil obrolan sebagai berikut :
6. Hapus semua yang ada di pecahan Field Names dengan klik pada Delete, diikuti dengan klik yes, lalu isi beberapa macam perbedaan data untuk surat anda sebagai pola disini anda masukkan Nama, Jabatan, dan pecahan dengan klik Add.
7. Bila telah cukup klik OK untuk kembali ke kotak Dialog New Address List.
8. Isi data secukupnya pada form yang tersedia.
9. Klik OK bila sudah tamat mengisi data.
10. Pada pecahan ini anda diminta untuk menyimpan list perbedaan saja, yaitu hanya nama, jabatan, dan pecahan saja, usahakan menyimpan list satu kawasan dengan file Wordnya
11. Klik save
12. Klik Close dan Ok
13. Maka kita akan kembali ke document, maka di document kita secara otomatis akan muncul toolbar mail merge
14. Untuk memasukkan nama, jabatan, dan pecahan ke document, letakkan kursor pada kawasan yang akan kita masukkan filed contohnya : untuk nama kemudian klik pada insert merge field
15. Pada kotak obrolan Insert Mail Merge Field pilih data apa yang ingin di masukkan contohnya nama sesuai pola kemudian klik insert begitu seterusnya untuk pecahan dan jabatan.
Sekian tutorial dari ane biar bermanfaat, jikalau ada pertanyaan atau saran silahkan berkomentar di bawah ya gan, jangan lupa baca artikel Cara Membuat Tabel, Header and Footer, Border and Shading Pada Microsoft Word.