[Tips] Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Baik

[Tips] Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Baik
[Tips] Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Baik
Android Battery
Melakukan kalibrasi pada baterai Android terutama ketika mengalami error apalagi indikator baterai tidak berjalan sesuai menjadi hal yang penting. Bagaimana cara melaksanakan kalibrasi baterai pada Android kita, mari kita bahas selengkapnya di sini.
Untuk jenis Android terbaru terutama HH yang mempunyai case backcover yang sulit untuk dibuka sendiri, memang tidak begitu penting untuk melaksanakan kalibrasi baterai ini alasannya ialah sistem baterai mereka sendiri sudah mempunyai sistem yang baik untuk melaksanakan kalibrasi secara manual, sehingga beberapa orang bilang cukup ketika awal membeli saja, atau cukup ketika kita gres mengganti baterai. Tetapi untuk kita yang mengalami error dalam performa baterai terutama permasalahan indikator baterai yang tidak akurat. Bagaimana caranya, mari kita bahas di bawah.

Device Non Root

Manual
Sebenarnya cara ini ialah cara umum untuk mengkalibrasi baterai tidak terpaut root atau tidaknya device kita. Caranya ialah dengan menghabiskan baterai kita dan mengisi baterai hingga full dalam keadaan mati.

1. Charge baterai kita hingga full
2. Habiskan baterai hingga 0%, hingga benar benar mati.
3. Charge baterai kita hingga full 100% dalam keadaan mati
4. Nyalakan Device. [Ulangi Cara 1 - 3 bila dibutuhkan]

Umumnya 1 -2 kali proses kalibrasi ini sudah cukup. Saya langsung biasa mengalami indikator baterai error ketika memakai extended baterai yang memakai mAh lebih besar dari keluaran pabriknya dan ketika ganti ROM (Tidak Selalu terjadi tergantung ROM yang digunakan). Saat saya memakai device Nexus 3 yang daya aslinya 1800 mAh dan menggantinya ke extended battery yang berdaya 3600 mAh, baterai gres ini tidak terbaca sehingga dayanya hanya terbaca 1800 mAh dan performa sama dengan baterai lama. Pada kasus saya ini 2 kali proses kalibrasi sudah cukup dan jadinya baterai saya yang 3600 mAh terbaca dan performa baterai meningkat.

Device Root
Jika device anda di root anda dapat mencoba beberapa applikasi Battery Calibration, umumnya mereka hanya menghapus batterstats.bin sebetulnya dilakukan sendiri pun bisa, tapi ada baiknya untuk mengurangi ha hal yang tidak diinginkan kita dapat mencoba apps ini.

Battery Calibration
Battery Calibration
Apps Battery Calibration ini ibarat yang telah dijelaskan sebetulnya hanya menghapus batterystats,bin saja dan sisanya bila kita mengikuti perintahnya maka tidak akan jauh berbeda dengan kalibrasi manual. Dulu saya sering memakai ini, tetapi sesudah memakai Nexus 5 saya lebih sering melakukannya secara manual dengan dukungan Battery Monitor Widget.
Link Download :

Battery Monitor Widget
Battery Monitor Widget
Battery Monitor Widget ini cukup berbeda dengan Battery Calibration, kita dapat set sendiri jenis baterai dan daya mAh nya untuk dikalibrasi, fiturnya pun lebih lengkap mulai dari mengukur daya masuk, drain battery per minute, hingga history baterai semua dapat di cek di sini. Lebih lengkap dan asik berdasarkan saya untuk mengetahui kondisi baterai, hanya saja user interfacenya memang kurang menarik, hanya menonjolkan fitur saja.
Link Download :

Di atas hanya apps yang pernah saya pakai, masih ada banyak apps yang dapat membantu kita untuk melaksanakan kalibrasi baterai, disarankan kalian untuk bertanya kepada teman yang pernah memakai apps tersebut bila ingin memakai apps lain, alasannya ialah berbeda device belum tentu jadinya sama. Praktis mudahan artikel ini bermanfaat.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

Source :

Image :

Sumber http://www.ardnesia.com/