Cara Menghilangkan Index.Php Pada Url Di Codeigniter 3

Cara Menghilangkan Index.Php Pada Url Di Codeigniter 3
Cara Menghilangkan Index.Php Pada Url Di Codeigniter 3
 Berhubung saya sedang menciptakan website memakai framework Codeigniter  Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Berhubung saya sedang menciptakan website memakai framework Codeigniter 3 saya berpikir kenapa tidak sekalian menciptakan tutorialnya? hitung - hitung untuk pengingat saya dikemudian hari dan juga menyebarkan kepada kalian yang sedang menciptakan website dengan framework Codeigniter 3 ibarat saya. Untuk tutorial yang pertama ini bahwasanya cukup simpel, sangat mudah malahan. Dan juga ini yakni hal pertama yang selalu saya lakukan apabila memakai framework ini, yakni menghapus index.php.

Secara default Codeigniter 3 memakai index.php pada url-nya. sebagai pola ketika kau memiliki controller berjulukan tutorial, maka ketika kau ingin mengakses controller tersebut kau harus mengaksesnya lewat url :

https://domainkamu.com/index.php/tutorial

atau jikalau kau memakai localhost maka harus mengakses lewat url :

http://localhost/namawebkamu/index.php/tutorial

Namun apa yang terjadi apabila kau tidak mengetikkan index.php pada url? yang terjadi yakni kau akan mendapati error 404 ibarat gambar dibawah.

 Berhubung saya sedang menciptakan website memakai framework Codeigniter  Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Lalu bagaimana cara mengakses suatu controller tanpa harus mengetikkan index.php? Nah, untuk itulah kau tiba kemari. Hal pertama anda harus menyiapkan :
  • Codeigniter 3 (Saya disini memakai versi 3.1.8)
  • Text Editor
  • XAMPP / Aplikasi lain untuk mengkases Apache jikalau di Locahost
  • Browser
  • Teh / Camilan
Pertama, pergi ke folder aplication/config dan silahkan buka file berjulukan config.php. Setelah itu cari baris ibarat berikut ini.

$config['index_page'] = 'index.php';

Hilangkan goresan pena index.php. Silahkan kosongi saja bab tersebut. Hingga akan menjadi ibarat ini.

$config['index_page'] = '';

Lalu buat file .htaccess pada root directory website kamu, contohnya htpp://localhost/namawebkamu/ nah buatlah file .htaccess itu disini.

Note : Jangan beri ekstensi pada file ini, alasannya file .htaccess bukan merupakan file berekstensi.

Isi file .htaccess dengan code berikut ini.

Setelah itu simpan, kemudian silahkan coba susukan file controller kau tanpa memakai index.php pada url.

Disini saya menciptakan file controller berjulukan tutorial.

Dan ketika saya mengaksesnya tanpa index.php akan menjadi ibarat ini.

 Berhubung saya sedang menciptakan website memakai framework Codeigniter  Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Note : Saya menemukan bug pada ketika mencoba tutorial ini pada codeigniter versi 3.1.9 dimana ketika mengkases controller tanpa memakai index.php tetap mendapati error 404. Solusinya yakni dengan downgrade atau memakai versi codeigniter dibawahnya yakni versi 3.1.8 atau mungkin versi di atasnya, alasannya ketika tutorial ini dibentuk versi terbaru dari codeigniter yakni 3.1.9.

Sekian tutorial dari saya perihal cara menghilangkan/ menghapus index.php pada url di codeigniter. Saya harap tutorial ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Apabila kau ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar, terima kasih & hingga jumpa di artikel selanjutnya.