[Tips] Cara Mengatasi File Menjelma Chk

[Tips] Cara Mengatasi File Menjelma Chk
[Tips] Cara Mengatasi File Menjelma Chk
CHK File
Pernah mengalami flashdisk atau sd card yang biasa kita pakai datang tiba file nya berkembang menjadi .chk dan tidak dapat kita buka? Di sini kita akan bantu bagaimana cara mengatasinya.

Sebelum ke langkah penyelesaian ada baiknya kita kenalan dulu nih sobat ardnesia sama yang namanya .CHK semoga nantinya kita dapat menghindari alasannya yaitu sebab terjadinya perubahan ini.

"CHK is a Windows file fragment cleaned from the hard disk by ScanDisk or CHKDISK. It is stored in the FOUND folder after a disk scan has been performed from where it can be deleted since the information has been moved somewhere else on the disk."
[http://www.openthefile.net/extension/chk]

Pusing ya baca klarifikasi di atas? Haha. Sebenarnya pada dasarnya yaitu ketika kita sering mencabut dan memasang flash disk atau sd card, ketika si komputer melaksanakan pembacaan atau scan dan belum akibat membaca data di FD ada SD Card tersebut kita sudah main cabut saja maka timbulah dilema ini, walaupun memang tidak selalu jadi ada baiknya kita hindari hal hal ini daripada kerepotan di ketika saat penting kita membutuhkan data tersebut.

Untuk mengatasinya bahu-membahu cukup mudah, mari kita bahas di sini kawan.

1, Menggunakan Software

Ada banyak software yang dapat dipakai untuk memperbaiki kerusakan ini, tetapi pengalaman aku membantu teman aku ada yang tidak dapat diatasi dengan software dan kalau itu terjadi kita dapat ke step 2. Tetapi kalau kalian tetap ingin mencoba software kalian dapat merujuk ke http://www.openthefile.net/extension/chk di sana ada software software yang kalian butuhkan untuk memperbaiki penyakit ini, menyerupai Data Recovery CHK-Mate, unCHK, fileCHK.

2. Menggunakan Command Prompt atau Manual

Sebenarnya kalian dapat mengganti format file kalian sendiri, misal ardnesia.CHK itu file aslinya yaitu JPEG maka kalian dapat mengubahnya manual dengan cara merenamenya menjadi ardnesia.JPEG. Tapi kak, filenya berbagai masa harus dirubah satu persatu? Tenang saja, di sini kita dapat membantu dengan memanfaatkan command yang ada di CMD.

- Buka CMD
Bisa melalui sajian start - run - cmd, menyerupai gambar di bawah.
CMD
- Gunakan Command
Sebelumnya kita harus tahu posisi file berformat .CHK tersebut, gambar di bawah yaitu teladan kalau file file tersebut berada dalam directory D: dengan nama folder FOUND.000, dan ingin mengubahnya dari .CHK ke .JPEG.
Ketik cd\ [untuk melaksanakan checkdisk]
Ketik D: [D opsional tergantung posisi File ada dmn C, D, atau Lainnya]
Ketik cd FOUND.000 [opsional FOUND.000 dapat diubah tergantung posisi file]
Ketik FOUND.000>ren *.chk *.jpeg [jpeg dapat dirubah sesuai format file kita sebelumnya apa]
Done, untuk lebih mudahnya dapat dilihat gambar di bawah, CMD2
CMD2
Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca ardnesia.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^




Source :

Image :

Sumber http://www.ardnesia.com/