Belajar Bahasa C++ Dalam Dunia Pemprograman| Bahan Pemrograman Dasar

Belajar Bahasa C++ Dalam Dunia Pemprograman| Bahan Pemrograman Dasar
Belajar Bahasa C++ Dalam Dunia Pemprograman| Bahan Pemrograman Dasar

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN C++

Pada dasarnya kegiatan C++ sanggup ditulis memakai sembarang editor teks,seperti EDIT (milik DOS),Wordstar,SideKick ataupun editor C++.
Program C++ biasa ditulis dengan nama CPP ( dari kata C Plus Plus) Agar kegiatan ini biasa dijalankan (eksekusi).program harus dikompilasi terlebih dahulu dengan memakai compiler C++.


 sanggup ditulis memakai sembarang editor teks Belajar Bahasa C++ dalam Dunia Pemprograman| Materi pemrograman dasar


Pada dikala kompilasian, kegiatan sumber (CPP) bersama file-file header (berekstansi .H ataupun .HPP) akan diterjemahkan oleh compiler C ++ menjadi kode obyek (.OBJ) file ini berupa file dalam format biner berkode 0 dan 1

Selanjutnya file obyek ini gotong royong dengan file obyek lain serta file pustaka (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya berupa file yang bersifat executable. File inilah yang biasa dijalankan dari system operasi secara langsung.

Saat ini banyak compiler C++ yang beredar. Sebagai pola Microsof Corporation, sebagai perusahaan pembuat perangkat lunak yang sangat termashur,mengeluarkan produk compiler C++ berupa Microsoft C/C++ serta visual C++ Adapun Borland International yang sangat popular dengan turbo Pascal-nya,mengeluarkan Turbo C++ dan Borlan C++,compiler yang terakhir inilah yang kita gunakan praktikum ini.Dibawah ini yakni tampilan kegiatan editor Borland C++ versi 5.22.

Sekilas perihal Struktur kegiatan C++
Pada dasarnya struktur kegiatan C++ yakni terdiri dari beberapa komponen pokok, diantaranya: pengarah preprocessor,deklarasi global,fungsi main ( ), dan fungsi user-defined.

Pengarah Preprocessor
Dalam kegiatan C atau C++ bab pertama yang menyusun sebuah tugas, terbentuk di pengarah preprocessor. Pengarah preprocessor menginstruksikan compiler untuk membentuk beberapa kiprah sebelum komplisasi dimulai. Pengarah preprocessor #include,salah satu yang sering terlihat,
#include<stdio.h> menginstruksikan compiler untuk menyertakan berkas C++ sumber yang lain sebelum kompilasi dimulai. Pengarah preprocessor yang lain yakni #define, yang merupakan definisi sebuah macro.

Deklarasi Global
Bagian utama yang kedua dari sebuah kegiatan C++ berisi deklarasi global. Deklarasi global memberitahukan compiler fungsi user-defined dan variable atau konstanta yang digunakan untuk semua fungsi dalam kegiatan C++ tersebut.

Contohnya :
Int sum(int a,int b); // deklarasi fungsi user-defined sum
Int X;  // deklarasi variable X

Program main ( )
Bagian utama ketiga dari kegiatan C++ yakni fungsi main ( ) (yang merupakan badan utama program), setiap kegiatan harus mempunyai fungsi main ( ). Eksekusi kegiatan dimulai dari fungsi main ( ) dan dalam struktur kegiatan yang baik, sanksi berujung pada fungsi ini.
Contoh penulisan kodenya :

Main( )
{
 Pernyataaan;
}

Fungsi User-defined
Bagian terahir dari kegiatan C ++ berisi user-define yang merupakan kelompok dari perintah yang dibentuk untuk menyempurnakan perintah-perintah program. Fungsi user-define sanggup digunakan untuk mengerjakan perintah-perintah yang dikehendaki,sesuai dengan daya imajinasi dari pemrogram.

Tipe data
Sewaktu anda mendeklarasikan variable, konstanta atau fungsi (yang menghasilakan nilai balik) dalam program, anda harus memberi nama variable, konstanta, atau fungsi tersebut beserta tipe datanya kepada compiler C++. Tipe mendefinisikan nilai yang sanggup disimpan pada variable, atau konstanta, atau nilai yang sanggup dihasilkan oleh fungsi dan juga sekumpulan operasi yang sanggup dilakukan terhadap data tersebut.

Tipe data dasar dalam kegiatan C++ mencakup :
  • Int
  • Char
  • Short
  • Long
  • Double
  • Float
  • Long Double


char,int,shor,dan long, Merupakan jenis tipe data yang mengoperasikan bilangan bulat. Sedangkan tipe data yang lainya bekerjasama dengan bilangan pecahan.

Ukuran memori yang diharapkan untuk masing-masing tipe data sangat bergantung pada perangkat keras dari computer yang digunakan. Karena itu jangkauan bilangan dari masing-masing tipe data juga biasa berlainan antara satu jenis mesin dengan mesin lainya. Nilai yang tercakup pada tipe data bilangan baik lingkaran maupun belahan pada arsitektur PC berbasis DOS sanggup dilihat pada table di bawah ini:




Sumber https://berkas71.blogspot.com/