Cara Cek Nomor Telpon Tidak Dikenal Dengan Truecaller

Cara Cek Nomor Telpon Tidak Dikenal Dengan Truecaller
Cara Cek Nomor Telpon Tidak Dikenal Dengan Truecaller
Sobat ardnesia pernah dong ya ditelpon oleh nomor yang tidak dikenal, bisa teman, pihak bank, atau malah penipu. Untuk meningkatkan keamanan sebaiknya kita harus tahu siapa yang menelpon kita itu walau kita tidak menyimpan nomor mereka. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas selengkapnya di sini.

Truecaller merupakan sebuah applikasi yang mengumpulkan data nomor telpon atau kontak yang dimiliki penggunanya. Sehingga ketika ada telepon masuk dengan nomor yang tidak dikenal atau kita simpan Truecaller sendiri akan mencari data nomor telepon tersebut di dalam database pengguna Truecaller, lengkap dengan rekam jejak apakah telepon tersebut merupakan sebuah spam ataupun penipuan. 

Truecaller juga mempunyai fitur search dan block telemarketing. Kita bisa mencari nomor yang tidak dikenal melalui fitur search, sedangkan fitur block kita bisa setting secara manual untuk beberapa nomor yang tidak diinginkan ataupun fitur bawaan block telemarketing yang akan secara otomatis block semua nomor yang didaftarkan sebagai telemarketing atau report as spam, keren kan? Kita gaperlu lagi pusing ditelpon pihak bank ditawarin asuransi atau kartu kredit haha. Applikasi ini tersedia untuk iOs dan Android, untuk mendownloadnya kalian bisa cek di
iOs
Android

Truecaller yang aku gunakan kini yaitu untuk Android dengan versi 7.51. Untuk menggunakannya sangatlah mudah. Kalian tinggal instal applikasinya dan buka applikasinya maka tampilannya akan ibarat gambar truecaller1 di bawah.
Truecaller1
Pada gambar truecaller1 di atas kita bisa lihat ada beberapa nomor yang tidak aku simpan, pada gambar di atas ditandai dengan warna merah. Satu merupakan sobat aku yang belum aku save nomornya dan satu lagi yaitu nomor marketing Axa Mandiri.
Truecaller2
Gambar truecaller2 di atas yaitu screenshot ketika ada panggilan masuk. Nomor tidak aku simpan sehingga apps truecaller itu memunculkan nama kontak beserta alamat dan lokasi penelpon. Jika kita buka melalui apps bisa dilihat track record nomor tersebut, apakah nomor tersebut penipu, spam, ataupun telemarketer.
Truecaller3
Gambar Truecaller3 menggambarkan sajian search. Di sajian ini kita bisa mencari nomor atau kontak seseorang yang terdaftar pada database kontak Truecaller. Sistem nya ibarat yellowpage, tetapi mungkin alasannya yaitu belum banyak yang menggunakannya, jadi database tidak begitu lengkap. Tapi kebanyakan nomor muncul untuk kasus yang aku alami.
Truecaller4
Terakhir yang ada pada gambar truecaller4 yaitu fitur block. Di sini kita bisa block orang orang yang tidak diinginkan, ataupun truecaller sendiri sudah mempunyai database untuk nomor nomor penipu, spam, ataupun telemarketer ibarat penawaran asuransi atau kartu kredit dari bank bank. Jika kita memakai fitur auto enable blocking maka semua nomor terutama telemarketer yang terdaftar dalam blacklist truecaller ini akan di block. Kaprikornus pastikan diri anda tidak membutuhkan kartu kredit ataupun asuransi apalagi via telemarketing, entah kenapa aku pribadi kalau menginginkan suatu jasa lebih nyaman dan kondusif kalau eksklusif ke kawasan penjual jasa tersebut daripada harus memperlihatkan data pribadi lewat telepon.

Truecaller merupakan applikasi yang cocok buat yang suka kena teror dari nomor nomor tidak dikenal, terutama dari pihak pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan database pengguna ibarat telemarketer itu. Kalian bisa block mereka semua, Truecaller juga bisa mengeluarkan data track record penelpon, dari lokasi, alamat, hingga kasus penipuan atau spam. Tidak semua kontak atau nomor muncul atau bisa kita search di truecaller, tapi cukup membantu kita untuk menghadapi orang orang tidak bertanggung jawab.

Sekian dari saya, gampang mudahan artikel yang aku tulis sanggup bermanfaat bagi pembaca. Untuk kalian yang mengalami problem dan ingin konsultasi atau request sesuatu kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia jangan lupa ada @ nya ya pada ketika search. Ketika tidak sibuk aku akan berusaha untuk reply keluhan keluhan kalian. Kalian juga bisa support aku untuk terus menciptakan konten konten bermanfaat di channel youtube aku dengan subscribe channel  di https://www.youtube.com/c/ ya.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^


Source :
Truecaller - Truecaller.com 

Sumber http://www.ardnesia.com/