Budidaya Ikan Mas Taktik | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas Taktik | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas Taktik | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas Strategi | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas


Semua yang harus Anda ketahui perihal cara mempengaruhi laju pertumbuhan ikan mas Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika secara eksklusif mengendalikan tingkat pertumbuhan ikan mas Anda yaitu bahwa tidak ada yang perlu dianggap enteng.

Faktanya, hal terbaik yang sanggup dilakukan ikan mas terbesar untuk ikan mas Anda yaitu merawatnya dan memperlihatkan kehidupan terbaik yang Anda sanggup untuknya, dan beliau akan melaksanakan sisanya secara alami.

Hindari obat-obatan atau obat-obatan yang menyampaikan itu untuk peningkatan ikan mas; kenyataannya yaitu mereka berbahaya dan sanggup menjadikan penyakit dan maut ikan mas Anda.

Ya, memang benar bahwa ikan mas (di antara sebagian besar spesies ikan lainnya) sanggup terus tumbuh hingga mati, mengingat mereka diberikan persyaratan yang diharapkan untuk melakukannya.

Jika Anda benar-benar ingin ikan mas Anda tumbuh sebagaimana mestinya maka ada aneka macam hal yang sanggup Anda lakukan yang tidak hanya aman, tetapi juga diharapkan untuk ikan mas sehat dalam ukuran berapa pun!

Mohon dicatat: Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas

Hal nomor satu yang dihentikan Anda lupakan selama proses ini yaitu kesehatan dan kebahagiaan ikan Anda! Jika Anda mempertimbangkan metode apa pun yang sanggup membahayakan kesehatan atau kebahagiaan ikan Anda, maka jangan lakukan itu! Ikan Anda layak hidup sehat dan senang terlepas dari ukurannya!

Memberikan diet yang sempurna sanggup memengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda:

Banyak pemilik ikan mas tidak mengerti cara memberi makan ikan mas dengan benar. Mereka hanya membeli sebotol serpih ikan atau pelet ikan (biasanya apa pun yang termurah) dan menyediakan sejumput masakan hingga ikan mas mereka berhenti makan dan berenang menjauh.

"Metode" ini sama sekali tidak benar dan akan menjadikan kerusakan besar pada ikan mas Anda termasuk menjadi kelebihan berat badan. Dengan mengikuti "metode" ini, Anda tidak akan memengaruhi ukurannya menyerupai yang Anda inginkan. Mereka tidak akan tumbuh hanya alasannya Anda memberi mereka makan terus menerus.

Metode terbaik untuk memberi makan ikan mas Anda berkisar pada jenis diet apa yang akan Anda beri mereka makan, berapa banyak, dan kapan. Setelah Anda menemukan ketiga langkah itu, maka Anda harus menaatinya. Satu-satunya waktu Anda harus menjauhi metode santunan masakan ini yaitu jikalau ikan Anda sakit.

Langkah Pertama Budidaya Ikan Mas : 

Pilih 3 hingga 4 masakan berbeda untuk dikonsumsi dalam diet ikan mas Anda.

Pilihan masakan untuk ikan mas meliputi:

    Ganggang (mereka biasanya memakan ganggang yang tumbuh di tangki mereka)
    Serangga (lalat, semut, dll.)
    Cacing (cacing darah, cacing tanah, dll.)
    Larva (larva nyamuk yaitu favorit mereka)
    Sayuran (kacang tumbuk, brokoli, selada)
    Buah-buahan (blueberry)
    Tumbuhan dan akar tanaman
    Serpihan ikan dan pelet ikan (ya, mereka memang menikmati masakan ikan mereka)

Ikan mas yaitu omnivora dan akan berusaha memakan apa saja yang Anda berikan kepada mereka. Jika Anda mencoba untuk mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda, maka cobalah untuk menghindari serpihan ikan atau pelet ikan.

Meskipun dua pilihan ini memang mempunyai nilai gizi, tetapi tidak sebanyak pilihan lain yang saya sebutkan sebelumnya. Bahkan, jikalau Anda tertarik pada ikan mas yang bahagia, sehat dan besar, maka pilihlah untuk memberi makan ikan mas Anda beragam.

Demikian pula, untuk bagaimana insan membutuhkan aneka macam masakan dalam diet kita, ikan mas juga melakukannya. Padu padan! Bersenang-senanglah dengan itu! Buat ikan mas Anda tertarik untuk memberi makan waktu!

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, disarankan untuk menentukan 3 hingga 4 masakan dalam daftar ini. Pertimbangkan menentukan sayuran, serangga, serpihan ikan, dan larva.

Kombinasi ini akan memberi ikan Anda sesuatu yang berbeda untuk setiap santunan makan. Masing-masing pilihan ini memberi ikan mas Anda tingkat nilai gizi yang berbeda yang bila dikombinasikan sanggup mendorong tingkat pertumbuhan yang sehat dan ikan senang secara keseluruhan!

Langkah Kedua Budidaya Ikan Mas: 

Cari tahu berapa banyak masakan yang harus Anda sediakan:

Aturan mudah untuk memberi makan ikan mas yaitu hanya memberi makan mereka sebanyak yang mereka sanggup konsumsi penuh dalam 2 menit atau kurang. Agar Anda sanggup mengetahui berapa banyak masakan yang dibutuhkan untuk ikan mas khusus Anda, Anda mungkin harus memainkan sedikit trial and error.

Misalnya, jikalau Anda mempunyai akuarium ikan mas dengan 5 ikan mas yang tinggal di dalamnya dan Anda memberi mereka sedikit masakan ikan dan berjalan pergi, yakin makanannya akan hilang tetapi apakah itu cukup untuk semua 5 ikan? Mungkin tidak.

Di sisi lain, jikalau Anda memberi 5 ikan Anda seluruh tangkai brokoli dan berjalan pergi maka ikan mas Anda akan makan hingga penuh, dan kemudian tangkai brokoli yang tersisa akan membusuk menjadikan akuarium menjadi daerah beracun untuk hidup. Terserah Anda untuk mengetahui berapa banyak yang sesuai untuk akuarium khusus Anda.

Untuk ahad pertama atau lebih, luangkan waktu untuk memberi mereka makan dan beri waktu. Berikan jumlah masakan tertentu (mungkin satu atau dua jepitan) dan berapa usang masakan yang mereka konsumsi dalam periode 2 hingga 3 menit.

Jika mereka mengonsumsi semuanya maka berikan sedikit lebih banyak selama menyusui berikutnya. Jika mereka tidak mengkonsumsi semuanya dan ada masakan yang tidak dimakan yang berada di bab bawah tangki, maka beri makan sedikit lebih sedikit selama santunan makan berikutnya. Seperti saya katakan coba-coba.

Langkah Ketiga Budidaya Ikan Mas : 

Cari tahu kapan waktu terbaik untuk memberi makan ikan mas Anda:

Ini biasanya berputar di sekitar jadwal Andaikan mereka alasannya ikan mas yaitu pengumpul alami dan akan mengkonsumsi apa saja kapan saja. Faktanya, banyak orang percaya bahwa satu-satunya tujuan hidup ikan mas yaitu berenang berputar-putar dan makan.

Orang-orang ini tidak tahu apa yang mereka lewatkan! Metode yang paling umum (yang benar-benar bekerja dengan baik untuk semua orang) yaitu memberi makan ikan mas Anda 2 hingga 3 kali sehari. Sekali di pagi hari, di sore hari maupun di malam hari. Jika Anda menentukan untuk mengikuti jadwal ini alasannya bekerja dengan baik dengan jadwal Anda, maka lakukanlah!

Misalnya, jikalau Anda melaksanakan pekerjaan penuh waktu yang mengharuskan Anda untuk jam 8 pagi dan jam 5 sore dan belum dewasa Anda pulang dari sekolah sekitar jam 2:30 siang, maka inilah tampilan jadwal makan Anda.

7:30 pagi (sebelum Anda pergi bekerja) beri makan ikan mas Anda beberapa lalat atau semut untuk memulai hari mereka.

14:30 (ketika belum dewasa Anda pulang dari sekolah) minta mereka memberi makan serpihan ikan mas atau pelet ikan.

18:00 (setelah Anda pulang dari kantor) tangani ikan mas dengan daun selada atau buah-buahan dan sayuran lainnya.

Jadwal ini hanyalah sebuah rujukan untuk memperlihatkan bagaimana ketiga masakan tersebut sanggup bervariasi dalam konten serta bagaimana membuang makanan. Adalah bijaksana untuk memberi makan serpihan ikan mas, pelet ikan, atau serangga selama waktu tersibuk Anda. Mereka tidak membutuhkan santunan makan tangan dan relatif gampang diukur dan jatuh ke dalam air.

Jika Anda mempunyai belum dewasa yang melaksanakan santunan makan, maka Anda mungkin ingin mereka mengambil alih serpihan ikan atau pelet ikan untuk membuatnya menjadi masakan yang lebih sederhana bagi mereka untuk ditangani.

Akhirnya, ketika Anda mempunyai lebih banyak waktu dan kesabaran dan hari Anda mulai melambat, inilah saatnya untuk menyediakan pilihan masakan yang membutuhkan santunan makan tangan (seperti sayuran atau tanaman).

Setelah Anda menentukan aneka macam makanan, cari tahu berapa banyak untuk memberi makan mereka dan kapan kemudian Anda telah menciptakan jadwal. Sangat penting bahwa Anda terus mengikuti jadwal makan ini. Namun, waktu sehari lebih penting daripada kandungan makanan. Jika Anda ingin mengubah apa yang Anda beri ikan mas, Anda sanggup melakukannya selama Anda mengikuti jadwal.
Menyediakan air berkualitas baik di akuarium ikan mas Anda sanggup membantu memengaruhi tingkat pertumbuhan mereka:

Kualitas air tangki yaitu salah satu komponen terpenting dari mempunyai ikan mas yang senang dan sehat. Jika air di akuarium mereka berkualitas buruk, maka ikan Anda akan menjadi sakit, rentan terhadap penyakit dan benalu dan kemungkinan akan mati sebelum mereka seharusnya. Ini sanggup benar apakah Anda mencoba untuk mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda.

Ada aneka macam hal yang sanggup Anda lakukan sebagai pemilik ikan mas yang sanggup memastikan ikan mas Anda mempunyai air tangki yang berkualitas. Salah satunya yaitu Anda merawat air keran dengan air conditioner sebelum menambahkannya ke akuarium.

Air keran beracun bagi ikan mas (dan sebagian besar spesies ikan). Ini menjadikan mereka menjadi stres dan bahkan sanggup menciptakan sensasi terbakar di insang mereka. Setiap merek kondisioner air mungkin mempunyai seperangkat aba-aba sendiri, jadi ikutilah sesuai dengan itu.

Langkah lain yang sanggup Anda ambil untuk menyediakan air tangki yang berkualitas yaitu dengan menyediakan sistem penyaringan yang baik di akuarium. Filtrasi sangat penting untuk kesehatan ikan mas alasannya mereka yaitu makhluk yang awut-awutan dan tidak akan hidup usang di air kotor.

Ada aneka macam perangkat filtrasi di pasaran dikala ini yang sanggup Anda pilih. Jenis spesifik akan tergantung pada jenis ikan mas yang Anda miliki alasannya beberapa jenis lebih halus dari yang lain. Sebagai contoh, Bubble Eyed Fancy Goldfish akan membutuhkan sistem penyaringan bawah tanah alasannya kantung berisi cairan yang ringkih terletak di bawah mata mereka.

Sistem penyaringan tabung sanggup memperlihatkan hisap yang terlalu banyak atau mempunyai sisi yang runcing, yang keduanya sanggup menjadikan kerusakan besar pada kantung-kantung ini. Namun, Ikan Komet Comet jauh lebih tangguh dan sanggup melakukannya dengan baik di akuarium dengan sistem penyaringan tabung. Lakukan riset perihal breed mana yang sanggup melaksanakan dengan baik dengan perangkat filtrasi mana sebelum membeli sesuatu.

Namun, Anda harus melaksanakan yang terbaik untuk menentukan filter yang menyediakan filtrasi mekanis, biologis, dan kimia. Filter dengan ketiga jenis media filtrasi akan memperlihatkan kualitas air terbaik.

Memberi makan juga berperan dalam kualitas air. Jika Anda memberi makan ikan mas secara berlebihan, maka masakan apa pun yang tidak dimakan akan mengapung ke dasar akuarium dan beristirahat di sana hingga menjadi berjamur.

Jika ini terjadi, masakan akan melepaskan amonia dan mungkin racun lain ke dalam air tangki dan sanggup menjadikan ikan mas Anda menjadi sakit. Penting juga bagi Anda untuk tidak terlalu banyak mengisi akuarium alasannya hal ini juga sanggup menjadikan kadar amonia melonjak dan menjadikan kualitas air menjadi buruk.

Akhirnya, Anda sanggup memastikan air berkualitas baik jikalau Anda melaksanakan penggantian air dan tes air secara teratur. Setiap dua ahad Anda harus melaksanakan perubahan air 30% dengan menyedot 30% air tangki ke dalam baskom dan menggantinya dengan 30% air ledeng yang diolah. Jika Anda juga membersihkan tangki selama mekanisme ini


Sumber : https://goldfisho.com/influence-growth-rate-goldfish/
Sumber https://www.ambyaberbagi.com/